temanggungnews.id - Budaya literasi, terutama literasi membaca di kalangan siswa  Madrasah, terutama literasi membaca perlu ditingkatkan. Hasil Asesemen Kompetensi Madrasah Indonesia ( AKMI ) tahun 2021 menunjukkan bahwa  budaya literasi membaca, terutama di Kabupaten Temanggung  masih rendah disbanding rata rata nasional. Demikian disampaikan Ahmad Sigijarto, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, saat memberikan sambutan dalam kegiatan Gerakan Literasi 1000 peserta yang diselenggarakan oleh KKM MI Kecamatan Kranggan pada Kamis (20/10/2022). Kegiatan yang dilaksanakan  di taman kali Progo Temanggung ini merupakan Kerjasama antara  Kelompok Kerja Kepala Madrasah ( KKM ) Madrasah Ibtidaiyah kecamatan Kranggan , INISNU Temanggung dan Akper Alkautsar NU Temanggung.


Kegiatan ini dimulai dengan pentas kreasi anak dan membaca Bersama yang bukunya disupport oleh Perpusda Kabupaten Temanggung yang mengirimkan dua Mobil Perpustakaan Kelilingnya.

Ahmad Sugijarto menyampaikan bahwa Kementerian Agama sangat mendorong percepatan umbuhnya budaya literasi membaca, sains dan numeratik di Madrasah dibawah naunganya. "Kementerian Agama memberikan fasilitasi berupa bantuan Hibah untuk Pokja KKG,KKM dan POkjawas yang tujuan utamanya dapat meningkatkan kualitas literasi Guru dan peserta didik.", pungkasnya.


"Gerakan Literasi ini yang diselenggarakan untuk yang pertama kali  juga dalam rangka Peringatan Bulan Bahasa di Bulan Oktober tahun 2022 ini.  Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca guru dan siswa, menumbuhkan kreasi seni anak dan mempererat silaturhami antar madrasah.", tutur Pengawas Madrasah Kecamatan Kranggan, Nurnaningsih.


Kegiatan yang diisi juga oleh kreasi seni anak anak dan guru juga melibatkan mahasiswa PPL INISNU dan Mahasiswa Akper Alkautsar. 


Mentor dalam kegiataan ini adalah Effi Wahyuningsih, beliau merupakan Dosen Inisnu Temanggung sekaligus Ketua Komunitas Pendidikan Anak. “Selama ini kami telah melakukan Kerjasama dengan berbagai MI di wilayah kecamataan Kranggan untuk mendorong budaya literasi. Kami menyediakan buku secara mandiri untuk memotivasi agar siswa Madrasah mempunyai kegemaran membaca. Kegiatan kali ini diinisiasi untuk lebih meningkatkan minat anak dalam literasi membaca.” ungkap Ketua Lembaga Penjamin Mutu INISNU tersebut.


(Iis Narahmalia)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama