temanggungnews.id, Temanggung - Dua Puluh pengrajang Tembakau berpartisipasi dalam acara yang bertajuk "Nganjang Sembilan Puluh Meter" di Kabupaten Temanggung Jawa Tengah.

Kegiatan yang berlangsung di lapangan Desa Bansari Temanggung Sabtu, (29/10/2022). Itu merupakan rangkaian acara Festival lembutan Bansari - 3.

Acara tahunan tersebut digelar untuk melestarikan budaya luhur, di mana Temanggung sendiri merupakan kota yang kental dengan Tembakau.

Pada momen itu, 22 gadis menunjukkan keahliannya dalam menganjang lembutan di atas rigen (Tempat Penjemuran Tembakau) dan membuat barisan sepanjang 90 meter.

Agus Zamroni, Ketua Panitia Festival Lembutan tahun 2022 menyampaikan, bahwa banyak para petani tembakau yang menjadi pengrajin lembutan, acara ini juga menyebarluaskan energi positif bagi masyarakat. 


"Perekonomian petani yang punya lahan meningkat, dibuktikan lembutan ini sudah keluar daerah, dan ternyata bisa diterima masyarakat luas selain untuk konsumsi sendiri. Makanya, kami tahun 2022 ini mengambil tema 'Sewu Siji Rupo, Sewu Siji Rasa' artinya tembakau yang bermacam-macam ini memiliki rasa yang berbeda-beda juga," tandasnya.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama