temanggungnews.id - Taman Kali Progo Temanggung, menjadi tempat berkumpulnya 1000 peserta kegiatan literasi yang diselenggakan hasil kolaborasi antara MI se-kecamatan Kranggan Temanggung dan Rekan Anak (Relawan Pendidikan Anak) yang didukung oleh Dinas Perpustakaan Kabupaten Temanggung, INISNU Temanggung, AKPER Alkautsar Temanggung, dan TV Temanggung pada Kamis (20/10/22).


Berdasarkan hasil Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) pada 2021, budaya literasi membaca di Kabupaten Temanggung masih sangat memerlukan perhatian khusus dibanding rata-rata nasional. Hal ini seperti diungkapkan oleh Ahmad Sugijarto, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah saat memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan tersebut. Sehingga kegiatan ini dilaksanakan selain dalam rangka memperingati bulan bahasa juga dapat dijadikan sebagai pilot project peningkatan budaya literasi di kalangan siswa Madrasah Ibtidaiyah di wilayah Temanggung. 


Effi Wahyuningsih, selaku pendiri dan penggerak komunitas Rekan Anak (Relawan Pendidikan Anak) yang juga sebagai dosen Bahasa Inggris dan Ketua Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) INISNU Temanggung mengatakan bahwa gagasan terkait kegiatan ini sudah muncul beberapa bulan yang lalu saat dirinya berkunjung ke madrasah-madrasah untuk kegiatan membaca bersama siswa. Ide inipun mendapat respon positif. Kepala Madrasah dan guru-guru langsung melakukan koordinasi dan mempersiapkan kegiatan dengan sempurna. “Rasanya senang sekali berada di tengah-tengah orang-orang yang penuh semangat dalam hal peningkatan literasi bagi siswa, sehingga kegiatan ini dapat terrealisasi dengan baik”, imbuhnya.


Pengawas Madrasah Kecamatan Kranggan, Nurnaningsih, mengatakan bahwa kegiatan ini diselenggarakan pertama kali, dan harapannya tidak menjadi yang pertama dan terakhir. Kegiatan ini juga dapat dijadikan sebagai ajang untuk memberi kesempatan bagi siswa mengekspresikan diri dalam hal seni. Terbukti dengan berbagai pertunjukkan seni yang sangat memukau dibawakan oleh siswa-siswa dari 5 Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Kranggan (MI Kemloko, MI Klepu, MI Prapak, MI Ngropoh, MI Bengkal).


Dukungan dari Dinas Perpustakaan Kabupaten Temanggung yang menghadirkan dua armada perpustakaan keliling semakin melengkapi keberhasilan kegiatan. Demikian pula keterlibatan mahasiswa PPL INISNU Temanggung sebagai bagian dari penyelenggara dan mahasiswa AKPER Alkautsar Temanggung yang memberikan layanan kesehatan untuk Bapak Ibu guru, tamu undangan, serta ikut terlibat mengawasi kondisi peserta kegiatan terasa sangat membawa manfaat positif.


Panitia penyelenggara menyampaikan ucapan terima kasih atas pertisipasi dan dukungan dari semua pihak dan menyampaikan bahwa kegiatan ini akan menjadi agenda tahunan yang akan dipersiapkan dengan lebih baik lagi ke depan.


(Hilal Mulki)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama