temanggungnews.id, Temanggung - Sehubungan dengan usainya masa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Institut Islam Nahdlatul Ulama (Inisnu) Temanggung, Dosen Pengampu Lapangan (DPL) melakukan penarikan pada mahasiswanya pada Jum'at (28/10/22). Acara ini dilakukan berkolaborasi dengan Program Jum'at Berkah yang digagas lembaga praktikan.


Dengan mengusung tema 'Farewell Concert', mahasiswa berkegiatan di DeO Hall bersama peserta didik PAUD Terpadu Islam Siti Khodijah. Hal ini dilakukan sebagai perpisahan para mahasiswa dengan peserta didiknya. Rangkaian acara bersama tersebut antara lain melakukan jum'at berkah dengan membagikan alat tulis di sekitar area Deo Hall dan dilanjutkan dengan permainan ular naga. Pasca permainan selesai, dilakukan kegiatan makan bersama.


Sementara para peserta didik berkegiatan dengan mahasiswa, di Sekolah Khodijah dilakukan acara pengajian dan tumpeng pahingan. Setelah itu, kegiatan berlanjut dengan market day. Dalam market day ini, para orangtua akan membeli hasil karya anak. Hasil dari pembelian tersebut akan disumbangkan untuk acara Jum'at Berkah.


Dalam rangkaian acara selanjutnya, dilakukan penarikan mahasiswa oleh dosen pembimbing lapangan. Pewara acara dalam kegiatan ini adalah Ustadzah Muthma'inah. 


Kepala Sekolah Khodijah, Siti Khundaifah, mengatakan "Semoga dari enam minggu yang telah dilalui ini dapat membawa perubahan yang signifikan bagi individu mahasiswa maupun lembaga tempat mahasiswa mengajar." Lebih lanjut beliau mengatakan "Sebenarnya berat untuk melepaskan mahasiswa praktikan, tetapi sesuai dengan prosedur mau tidak mau ya harus ikhlas. Harapan kedepan kami dapat terus bersinergi dengan para mahasiswa, dengan atau tanpa membawa almamater."


Guru pamong lembaga praktikan, Rofi'atu Sa'diyah, mengatakan ungkapan terimakasihnya. "Terimakasih INISNU yang telah mempercayakan Khodijah untuk tempat belajar, dan mohon maaf apabila kegiatan disini banyak yang menguras tenaga. Semoga apa yang telah dipelajari dapat bermanfaat."


Dosen pembimbing lapangan, Yuni Setya Hartati, mengungkapkan "Semoga setelah ini kita semua diberikan kelancaran dalam menjalani kehidupan masing-masing. Semoga kedepannya ada agenda-agenda lain yang mendukung keberlangsungan kerjasama kita. Semoga apa yang telah kita lakukan dapat membawa berkah dan manfaat."


Perwakilan mahasiswa praktikan, Suci Salmiyatun, mengatakan "Terimakasih Ustadzah Khodijah telah menerima kami dengan sangat baik. Terimakasih Ibu Yuni yang setia mendampingi dan selalu mendukung. Semoga ilmu yang telah kami dapat dapat segera dipraktikkan di lembaga kami." 


Pasca seremonial penarikan dilangsungkan,  seluruh hadirin menyanyikan lagu bertemakan perpisahan. Acara diakhiri dengan doa bersama dan makan tumpeng.


(Puteri Anggita)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama