temanggungnews.id Temanggung -  Mengambil tema Kearifan Lokal, Siswa-Siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) N 1 Bansari gelar berbagai upacara adat Temanggungan.

Kegiatan yang terangkai dalam rangka gelar karya  melaksanakan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Rabu (02/11/2022) tersebut menampilkan berbagai upacara adat  Temanggungan, seperti, Grebeg Makukuhan, Tedak Siten, Cukur Gombak, Siraman Midodareni, Wiwit Tandur, Suronan Traji, Tingkeban, Nyadran Kali, dan Merti Dusun.

Ari Nur Cahyani, selaku kordinator Fasilitator P5 menjelaskan acara ini dimotori oleh siswa,  "untuk kegiatan ini baru pertama kami laksanakan di sini, dan semua acara dikonsep oleh siswa, mulai dari ide acara, persiapan, sampai pelaksanaan, kami hanya menjadi fasilitator,"

Lebih lanjut, Arin mengatakan, acara ini diharapkan dapat menanamkan enam dimensi Pelajar Pancasila pada anak, 

" kami mengambil topik upacara adat karena itu bisa mencakup semua, mulai dari tarian, makanan, musik dan sebagainya semua tercakup. Selain untuk nguri-uri budaya, kami juga mengharapkan acara ini bisa menanamkan enam dimensi P5," pungkas beliau.

Menurut Kepala Sekolah, Priyo Nugroho,  acara ini sesuai dengan kurikulum saat ini, " gelar karya ini merupakan salah satu bukti bahwa SMK  Bansari telah melaksanakan kurikulum saat ini, di mana pada setiap pembelajaran siswa harus berbaris proyek, menghasilkan produk, jadi ini sudah sesuai,". Ujar beliau.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama