temanggung, Temanggungnews.id - Bupati Temanggung diwakili Sekda Hari Agung Prabowo membuka Ruwat Bumi dan Grebeg Parakan, serta Pameran UMKM dimulai dari depan Stasiun Lama, dan sepanjang Jalan Aip Munkar, Kelurahan Parakan Wetan, Kecamatan Parakan, Kabupaten Temanggung, Selasa (8/11/2022).


Hadir pada acara tersebut Kepala OPD, Camat, Forkompinda, Kepala Sekolah SD/SMP/SMA se Kecmatan Parakan, Kepala Desa/Kelurahan, FPD, FPK dan tamu undangan lainnya.


Pembukaan dimeriahkan tarian Barongsai, serta penanaman pohon mangga dan pohon akasia di Taman Kali Galeh.


Dalam sambutannya Bupati Temanggung yang dibacakan Sekda "Kegiatan ini tentu dilandasi dengan semangat dan tujuan yang mulia, yaitu disamping mengayubagyo dalam rangka HUT Kabupaten Temanggung yang ke 188 tentu juga dalam rangka memberikan ruang kepada seluruh masyarakat untuk bergembira, juga dapat memperoleh rejeki.


Adapun salah satu titik pelaksanaan Ruwat Bumi Parakan berada di Pasar Legi Parakan. Warga dan masyarakat Pasar Legi Parakan melakukan gerakan bersih-bersih di lingkungan Pasar Legi Parakan, para warga dan petugas kebersihan di wilayah Pasar Parakan berbondong membersihkan area di sekitar pasar parakan meliputi sampah, gulma dan tanaman liar.


Sekretaris Daerah, Hari Agung Prabowo, menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah kegiatan tahunan yang setiap tahun rutin dilaksanakan di Kota Parakan.


"Kota Parakan adalah Kota Pusaka, oleh karena itu acara ini luar biasa setiap tahun dilaksanakan, yang dinamakan Ruwat Bumi dan Grebeg Parakan. Dan harus kita dengungkan secara nasional, sehingga pemerintah pusat bisa melihat. Bahwa kota ini merupakan kota budaya turun temurun sejak dulu," tuturnya.


Sekda berharap, acara ini dapat diketahui hingga skala nasional.


"Ini harus kita dengungkan secara nasional, sehingga pemerintah pusat bisa mengingat, bahwa kota ini adalah kota yang budayanya turun temurun sejak dahulu," tandasnya.


Ketua panitia Mustahal Nasocha menjelaskan bahwa kegiatan Grebeg Parakan ini berlangsung selama 6 hari yaitu mulai tanggal 7 November sampai pada tanggal 12 November 2022, acara ini diisi oleh berbagai kelompok kesenian yang berasal dari Desa diseluruh Kecamatan Parakan.


Adapun pentas seni yang memeriahkan acara pada Selasa (08/11/22) tersebut Pentas Seni Barongsai, Sarasehan Budaya, Pentas Seni Laris Manis, serta Sholawatan Akbar.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama