temanggungnews.id, Temanggung - Dalam rangka memeriahkan rangkaian Hari Ulang Tahun ke 188 Kabupaten Temanggung, tidak kurang seribu pelajar tingkat Sekolah Dasar serentak menari tarian jaran kepang (kuda lumping) di Alun-alun Temanggung pada Minggu (27/11/2022).


Dalam rangka ulang tahun ke-188 tersebut, pemerintah mengajak kepada seluruh masyarakat untuk menampilkan kuda lumping sebagai kesenian khas Kabupaten Temanggung.


Pada setiap desa di Temanggung pasti ada kelompok kesenian kuda lumping, maka diselenggarakan lomba tari jaran kepang (kuda lumping) tingkat SD-SMP se-Temanggung. Hal ini dilakukan mengingat populasi seni kuda lumping di tengah masyarakat Temanggung banyak sekali. Tidak tanggung tanggung lomba tersebut diikuti oleh lebih dari 500 peserta. 


Menurut Bupati, kegiatan seni kuda lumping tersebut harus terus dilestarikan dan dijadikan sebagai identitas lokal yang akan berkembang hingga kancah nasional maupun Internasional. 


"Dan ini tadi sudah menjadi komitmen bersama, semuanya berikrar bahwa kuda lumping akan menjadi identitas lokal Temanggung untuk memperkaya kebudayaan nasional Republik Indonesia," ungkap Bupati.


Ada momen yang unik dalam acara tersebut,  yakni Bupati beserta jajarannya ikut menari kuda lumping bersama. Bupati menyampaikan, pengalamannya selama menari bersama itu sangat nikmat. Dikatakan pula tidak perlu berlatih saja kalau orang Temanggung begitu mendengar suara gamelan pasti bisa dan langsung ikut menari.


"Karena itu sudah mengalir di dalam darah masyarakat Temanggung, tarian kuda lumping itu sudah mengalir dalam DNA masyarakat Temanggung," pungkasnya.


Bupati Temanggung, HM Al Khadziq mengatakan, kegiatan tersebut merupakan puncak peringatan hari jadi temanggung. Selain itu juga menjadi ajang interaksi antara pemerintah, tokoh masyarakat dengan para peserta didik di Temanggung. 


"Nah, sekarang ini kita tampilkan di Alun-alun, sebagai puncak peringatan ulang tahun Kabupaten Temanggung. Seribu lebih penari kuda lumping tampil bersama di Alun-alun bersama dengan para seniman, para budayawan, para tetua adat, serta pemerintah Kabupaten Temanggung beserta tokoh masyarakat," pungkas Bupati.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama