temanggungnews.id, Temanggung - Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Temanggung melakukan Pencanangan Kampung "Aku Hatinya PKK".


Aku Hatinya PKK merupakan kepanjangan Amalkan dan Kukuhkan Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman. Aku Hatinya PKK sebagai program yang menggerakkan masyarakat dalam memanfaatkan halaman rumah sekitar atau pekarangan. Maka sangat penting membudayakan Aku Hatinya PKK, untuk menciptakan ketahanan pangan keluarga melalui tanaman produktif baik hortikultura, buah, bunga, peternakan dan perikanan.


Pada Jumat (11/11/22), Pengurus TP-PKK Kabupaten Temanggung bersama Pemerintah Desa Ketitang melakukan pencanangan Kampung Aku Hatinya PKK. 


Agenda ini dilakukan dalam rangka mendukung ketahanan pangan keluarga, peningkatan ekonomi, pencegahan dan penurunan angka stunting, di Desa Ketitang, Kecamatan Jumo, Kabupaten Temanggung.


Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua TP PKK Kabupaten Temanggung, Eni Maulani Saragih, didampingi pengurus pokja tiga.


Turut hadir pula, Kepala DPRKPLH Hendra Sumaryana, Kepala DPPPAPPKB Endang Praptaningsih, Camat Jumo Tri Hestiningsih beserta jajarannya, Ketua TP PKK Kecamatan se-Kabupaten Temanggung, pengurus TP PKK se-Kecamatan Jumo, Kepala Desa Ketitang Gery Setiawan, tokoh masyarakat dan tamu undangan.


Di sela-sela panen sayuran, Eni Maulani Saragih menyampaikan bahwa pencanangan program kampung Aku Hatinya PKK ini dapat membantu menguraikan permasalahan di Kabupaten Temanggung.


"Soal stunting yang tinggi, soal angka kemiskinan yang tinggi, program yang kita canangkan di Desa Ketitang ini bisa membantu mengurangi permasalahan kita di Kabupaten Temanggung," ungkap Eni Maulani Saragih.


Menindaklanjuti hal tersebut, akan ada pengembangan di desa dan kecamatan lain di Temanggung. Pencanangan program Aku Hatinya PKK di Desa Ketitang tersebut sudah berjalan lancar. Hal ini dibuktikan dengan sudah adanya tanaman sayuran (cabai, sawi, terong), yang ditanam di setiap rumah warga. Hal tersebut menjadi inti ketahanan pangan keluarga.


"Kalau pemerintah pusat mengatakan besok ada resesi, InsyaAllah mudah-mudahan di Kabupaten Temanggung, terutama di Desa Ketitang tidak akan terjadi. Karena di setiap rumah sudah ada tanaman sayuran, untuk ketahanan pangan di setiap keluarga di Desa Ketitang ini sudah terjaga," kata Eni.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama