Organisasi adalah sebuah wadah untuk sekumpulan orang yang bekerja sama secara rasional serta sistematis yang terpimpin atau terkendali untuk mencapai tujuan tertentu memanfaatkan sumber daya yang ada di dalamnya. 


Organisasi kemahasiswaan merupakan wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan kapasitas kemahasiswaannya berupa aspirasi, inisiasi, atau gagasan-gagasan positif dan kreatif melalui berbagai kegiatan yang relevan dengan tujuan pendidikan nasional serta visi dan misi institut perguruan tinggi itu sendiri.


Organisasi dapat melatih kedisiplinan, keberanian dan mengembangkan kemampuan. Baik kemampuan yang sederhana maupun kemampuan yang baru dan berbeda dari kebanyakan orang. Dengan berorganisasi diharapkan bisa mencapai tujuan bersama yang efisien dan efektif. 


Di perguruan tinggi terdapat berbagai macam organisasi mahasiswa salah satunya Himpunan Mahasiswa (Hima), merupakan salah satu organisasi mahasiswa yang berada di tingkat jurusan dan termasuk organisasi intra kampus, serta bagian dari kegiatan ekstra kurikuler yang dapat dipilih dan diikuti oleh setiap mahasiswa. Hadirnya organisasi Himpunan Mahasiswa tersebut, berasal dari prinsip dari, oleh serta untuk mahasiswa.


Hima menjadi media bagi para anggotanya agar mampu mengembangkan pola pikir, kepribadian serta potensi yang dimiliki oleh setiap mahasiswa yang berkaitan dengan disiplin ilmu, agar setelah lulus dari perguruan tinggi maka mahasiswa siap untuk terjun langsung ke masyarakat.


Pada dasarnya, Himpunan Mahasiswa ada dua yaitu Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) serta Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) yang berada di tingkat fakultas serta berada di bawah koordinasi dari para Senat Mahasiswa atau BEM fakultas (DEMA Fakultas), sehingga seluruh kegiatan yang diadakan oleh HMJ atau HMPS haruslah memiliki afiliasi dengan program-program yang ada pada Senat Mahasiswa.


Kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh Himpunan mahasiswa biasanya terbatas pada kegiatan yang dapat diadakan di lingkungan atau tingkat jurusan saja, khususnya kegiatan yang memiliki rangka pengkajian serta pengembangan keilmuan yang ada pada setiap jurusan. Contoh dalam sebuah Fakultas Ilmu Pendidikan, maka akan ada Himpunan mahasiswa PLS. dan lain sebagainya. Sehingga pada setiap fakultas, ada beberapa Himpunan mahasiswa yang dibentuk sesuai dengan jurusan yang ada pada suatu fakultas. Akan tetapi apabila hanya ada satu jurusan di sebuah fakultas, himpunan mahasiswa pun hanya akan ada satu.


Pada organisasi himpunan mahasiswa, susunan kepengurusan terdiri dari lima pengurus yaitu ketua, wakil ketua, sekretaris, bendahara, serta beberapa anggota pengurus lainnya sesuai dengan kebutuhan himpunan mahasiswa tersebut. Pengurus himpunan mahasiswa, umumnya terpilih dalam sebuah pemilihan raya seperti Pemilu yang melibatkan seluruh mahasiswa yang berada di suatu jurusan.


Oleh sebab itu, prinsip yang diusung dan dimiliki oleh Himpunan mahasiswa ialah dari, oleh dan untuk mahasiswa. Maka dengan demikian seluruh konsekuensi baik itu biaya serta dan akan menjadi sebuah tanggung jawab dan beban bagi setiap Himpunan mahasiswa, kecuali apabila ada kebijakan yang berbeda dari organisasi kemahasiswaan yang setingkat di atasnya seperti BEM Fakultas (DEMA Fakultas), Dekan atau Senat Mahasiswa.


Secara garis besar, himpunan mahasiswa dapat diartikan sebagai sebuah perkumpulan yang anggotanya adalah mahasiswa yang berasal dari jurusan yang sama, serta memiliki visi misi dan tujuan yang sama pula. Melalui himpunan mahasiswa atau organisasi lainnya, mahasiswa akan memiliki banyak pengalaman baru serta prestasi-prestasi baru yang dapat diraih. Maka dari itu organisasi mahasiswa merupakan bagian penting yang harus ada dalam perguruan tinggi.


-ditulis oleh Suci Salmiyatun

Mahasiswa PIAUD INISNU Temanggung


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama