temanggungnews.id, Temanggung - Forum Group Discussion Mahasiswa INISNU dengan beberapa elemen masyarakat  dilaksanakan pada Kamis (08/12/22) bertempat di balai Desa Bansari. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang diadakan oleh KKN INISNU Temanggung, sebanyak 80 masyarakat desa dari berbagai lembaga dan komunitas menghadiri acara ini.  Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui potensi potensi yang dimiliki oleh lembaga dan komunitas di Desa Bansari. 


 “Sebagian besar masyarakat desa Bansari menekuni bidang UMKM. Mungkin ada beberapa produk UMKM yang sudah memiliki Nomor Induk Berusaha atau biasa disebut NIB, namun hampir sebagian besar belum bersitifikasi Halal,” kata bapak Herlan selaku Kepala Desa Bansari, Kamis (08/12/2022).


“Mahasiswa tidak hanya membantu dalam hal perolehan sertifikat halalnya saja namun pada bagian lain seperti packing, dan pemasaran produknya.” Kata Ibu Luluk Ifadah, S.Pd.I,. M.P.I selaku dosen pendamping lapangan KKN INISNU Temanggung di Desa Bansari dalam sambutannya di acara Forum Group Discussion bersama masyarakat desa Bansari.


Ketua KOMPAS Bapak Gondes dalam sambutannya bahwa KOMPAS merupakan komunitas yang bergerak di Bidang Lingkungan seperti Penjagaan Kebersian Pendakian Via Bansari, hal ini menjadi tanggungjawab dari KOMPAS, seperti penegasan kepada Pendaki yang akan naik gunung agar selalu menjaga kebersihan dan selalu membawa turun sampah dari gunung. 


“Potensi-potensi yang bisa didampingi di Bansari bukan hanya UMKM saja namun ada potensi lain yang bisa dikembangakan dan didampingi oleh mahasiswa KKN dari INISNU Temanggung, salah satunya adalah Desain Grafis dan Sablon,” kata Bapak Gondes selaku Ketua Komunitas Pecinta Alam Sindoro (KOMPAS).


Selain KOMPAS, Komunitas yang aktif dalam kegiatan adalah Karang Taruna. Perwakilan dari Karangtaruna menjelaskan bahwa kegiatan Karangtaruna yang paling besar adalah kegiatan Bakti Bansari yang diadakan setiap setahun sekali pada akhir tahun, Sumber daya di Desa Bansari sangat beragam. 


Bisa kita temui bahwasanya Bansari merupakan desa dengan beragam pekerjaan dan status, masyarakat Bansari mayoritas beragama Islam, meski ada beberapa dusun yang sebagian masyarakatnya meganut agama Kristen, Katolik, Budha dan lain-lain. Tetapi dilingkungan yang berbeda agama tersebut, masyarakat Desa Bansari sangat rukun dan saling menghormati antara sesama, inilah yang menjadikan Desa Bansari menjadi Desa yang Makmur dengan Penduduk yang cukup banyak. 


Tak hanya itu organisasi-organisasi keagamaan di Desa Bansari juga sangat banyak mulai dari IPNU IPPNU, Fatayat, Muslimat dan NU. Semuanya memiliki potensi yang tak kalah dengan komunitas lainnya. 


(Riskiya Ananda)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama