temanggungnews.id, Temanggung - Bertempat di TK Kuncup Mekar Dusun Klodran, Desa Gemawang, Mahasiswa KKN INISNU Temanggung mengadakan penyuluhan mengenai Sertifikat Pangan Industri Rumah Tangga (SP-PIRT), Sertifikasi Halal, Pengemasan serta Pemasaran Produk UMKM di desa Gemawang.


Acara yang diadakan pada Rabu (28/12/22) tersebut diikuti oleh beberapa pemilik usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) Desa Gemawang.


Dalam penyuluhan mengenai SP-PIRT, Boni Indra Permana, menyampaikan mengenai beberapa tahapan dalam mendaftarkan Nomor Induk Berusaha (NIB) serta langkah-langkah dalam mendaftarkan nomor SP-PIRT. 


Rekan Boni, Mahfud, juga mendampingi para pelaku usaha secara langsung dalam mendaftarkan NIB maupun SP-PIRT.


Adapun proses sertifikasi halal disampaikan oleh Dosen INISNU Temanggung, Abdul Wahab Fahrub. 


Wahab menyampaikan bahwa dalam mendaftarkan sertifikat halal, para pelaku usaha juga dapat menghubungi mahasiswa KKN secara langsung, karena terdapat beberapa mahasiswa KKN yang telah mendapatkan sertifikat pendamping.


Para pelaku usaha begitu antusias dalam mengikuti kegiatan, dibuktikan dengan terdapat beberapa produk UMKM yang telah berhasil menerbitkan Nomor Induk Berusaha (NIB) secara langsung dalam kegiatan pendampingan tersebut.


Perwakilan Kepala Desa, Saiful Amin, dalam sambutannya menyampaikan harapannya mengenai pengembangan usaha masyarakat. 


"Semoga dengan adanya kegiatan penyuluhan SP-PIRT dan sertifikasi halal dapat dimanfaatkan oleh pemilik  produk umkm Desa Gemawang untuk mengembangkan usahanya. Dengan produk tersebut tersertifikasi, maka jangkauan pemasarannya akan lebih luas" pungkasnya. 



(Mar'atussolichah)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama