Jakarta, TemanggungNews.id - Bertempat di Gedung Sasana Bakti Praja Jakarta, 

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) memberikan penghargaan Innovative Goverment Award (IGA) 2022 


Penganugerahan Innovative Government Award kepada Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota merupakan penilaian dan apresiasi pemerintah pusat terhadap semangat dan keberhasilan pemerintah daerah dalam penyelengaraan pemerintahan daerah 


Melalui penilaian dan penghargaan IGA ini, diharapkan dapat mendorong dan memotivasi pemerintah daerah, untuk terus melakukan inovasi daerah dalam meningkatkan layanan publik, tata kelola pemerintahan, dan pembangunan di daerah.


Acara yang berlangsung pada Jumat (23/12/22) tersebut dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri Suhajar Diantoro, Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa, Kepala Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kementerian Dalam Negeri Yusharto Huntoyungo, serta para Kepala Daerah Penerima penghargaan Innovative Goverment Award (IGA) 2022.


Dalam Innovative Goverment Award (IGA) 2022 tersebut Pemerintah Kabupaten Temanggung mendapatkan penghargaan sebagai kabupaten paling inovatif di Indonesia.


Penghargaan diserahkan oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian kepada Bupati Temanggung HM Al Khadziq di Jakarta hari ini. Temanggung unggul dari 500 kabupaten / kota di seluruh Indonesia. 


Menteri Dalam Negeri menyampaikan bahwa seluruh daerah harus terus mengembangkan kreatifitas dan inovasi dalam program pembangunan karena persaingan global juga semakin ketat.


“Selamat kepada rekan-rekan kepala daerah yang mendapatkan award. Berkat kerja keras yang luar biasa, kami perlu hargai. Kami usulkan yang berprestasi bisa dapat dana insentif daerah dari Kemenkeu. Kemudian bagi yang belum beruntung, kami harapkan acara ini bisa memotivasi untuk terus berinovasi,” ucap Mendagri Tito.


Dengan penghargaan ini, Mendagri berharap dapat menjadi acuan bagi masyarakat dalam menilai kinerja para pimpinan daerah.


“Masyarakat dapat melihat siapa pemimpin yang baik, yang bagus, dan siap memimpin, dan mana saja yang hanya bekerja rutinitas saja,” tegasnya.


Bupati Temanggung HM Al Khadziq menyampaikan terimakasih kepada seluruh perangkat daerah, seluruh kepala desa, dan segenap elemen masyarakat, yang secara bersama-sama mengedepankan kreatifitas dan inovasi dalam membangun kabupaten.


"Kita tidak boleh lagi hanya rutin-rutin saja, tidak boleh hanya rutinitas, harus kreatif dan inovatif mencari terobosan baru dalam membangun kabupaten," pungkas Bupati Temanggung.


Temanggung dinobatkan sebagai kabupaten paling inovatif karena sepanjang tahun 2022 terdapat lebih dari 163 inovasi baik di bidang pemerintahan, pelayanan masyarakat, program dan kegiatan, serta inovasi-inovasi yang dilakukan oleh masyarakat. Salah satu inovasi masyarakat yang paling diunggulkan adalah pengembangan pewarna alam Batik Shibiru di Ngadirejo.


Selain Temanggung, penghargaan serupa juga diberikan kepada Kabupaten Tabalong, Kabupaten Situbondo, Kabupaten Padang Pariaman, Indragiri Hilir, Hulu Sungai Selatan, Pamekasan, dan Tanggamus Lampung.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama