temanggungnews.id, Temanggung - Sebanyak 13 mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok Purborejo 1 mengikuti kegiatan Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) Remaja.  

Kegiatan yang berlangsung pada Rabu (22/12/22) tersebut bertujuan untuk monitoring dan mendeteksi dini faktor resiko penyakit tidak menular (PTM). 

Kegiatan ini dikelola oleh masyarakat melalui pembinaan terpadu. Sasaran dari kegiatan ini adalah masyarakat usia 15 tahun ke atas baik dengan kondisi sehat maupun beresiko PTM.

Kegiatan yang terlaksana di Desa Purborejo, Kecamatan Bansari tersebut dihadiri Bidan Desa Purborejo Ratna Sari, Para Kader Posbindu Remaja dan para remaja Desa Purborejo. 

Pelayanan yang diberikan dalam kegiatan ini di antaranya pengecekan tinggi badan, berat badan, kadar lemak, tensi darah, kadar gula, dan lain-lain.

Mahasiswa KKN Tematik INISNU Temanggung turut memberikan pelayanan berupa membantu kader-kader dalam pengecekan kesehatan masyarakat. Meskipun pada dasarnya mahasiswa tidak ada yang berasal dari jurusan kesehatan tetapi mereka cukup antusias belajar dengan kader.

Salah satu mahasiswa KKN, Ifani, mengungkapkan bahwa dengan adanya Posbindu Remaja dirinya dan rekan-rekan mahasiswa bisa belajar ilmu baru. “Dari kegiatan Posbindu ini mahasiswa jadi bisa belajar penggunaan timbangan body fit hingga unggah hasil pengecekan. Ilmu baru bagi mahasiswa, selain itu juga bisa menjadi bekal apabila di kemudian hari di antara mahasiswa ada yang menjadi kader Posbindu” tutur Ifani.

KKN merupakan wadah bagi mahasiswa dalam mengabdi kepada masyarakat, oleh karena itu mahasiswa harus memanfaatkan momen sebaik mungkin guna bekal di kehidupan mendatang. 

Kader Posbindu, Sri, mengungkapkan harapannya dengan ada kegiatan tersebut. “Dengan keikutsertaan mahasiswa di kegiatan Posbindu remaja ini, kami (kader) tentunya senang. Tugas kami menjadi berkurang karena dibantu oleh mahasiswa. Harapannya ke depan mahasiswa selalu mengikuti kegitatan-kegiatan lain yang diadakan di desa Purborejo ini. Tentunya apa yang sudah dipelajari di kampus silahkan diterapkan di sini, dengan modifikasi yang sesuai dengan kondisi lingkungan ini” tutur Ibu Sri, selaku kader Posbindu Remaja.

Diketahui sebelumnya bahwa KKN INISNU Temanggung tahun ini mengusung tema pencegahan dan penanganan stunting. Oleh karena ini penting bagi mahasiwa untuk mengikuti pendampingan di bidang kesehatan seperti kegiatan Posbindu Remaja ini. (nah)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama