temanggungnews.id, Temanggung - Dalam rangka pemasangan mahkota kubah masjid Darul Muttaqien, masyarakat Dusun Klodran, Desa Gemawang, Kecamatan Gemawang mengadakan kirab budaya. 


Acara yang berlangsung pada Rabu (21/12/22) tersebut terdiri dari berbagai rangkaian acara. Kegiatan tersebut di mulai dari depan Polsek Gemawang yang diikuti oleh seluruh masyarakat Dusun Klodran serta mahasiswa KKN INISNU Temanggung. 


Kegiatan diawali dengan kirab budaya, yakni membawa mahkota kubah masjid Darul Muttaqien dari depan Polsek Gemawang sampai ke halaman Masjid Darul Muttaqien. 


Acara dimulai dengan pembukaan, pembacaan ayat suci Al-Quran oleh Mahasiswa KKN INISNU Temanggung, serah terima mahkota kubah Masjid Darul Muttaqien, dan sambutan-sambutan.


Camat Gemawang, Marlini Tarigan, dalam sambutannya menjelaskan filosofi dari mahkota kubah Masjid Darul Muttaqin tersebut.


"Warna kuning atau keemasan melambangkan kemakmuran" tutur  Marlini, menjelaskan makna dari simbol mahkota kubah Masjid Darul Muttaqien Dusun Klodran.


Prosesi pemasangan mahkota kubah masjid Darul Muttaqien dilakukan bersamaan dengan dibacakannya membaca surah Al-Qadr sebanyak tujuh kali kemudian dilakukan adzan. Saat mahkota kubah akan dinaikkan ke atas masjid para hadirin membacakan sholawat bersama. 


Acara di tutup dengan pentas seni dari Kelompok Kesenian Desa Gemawang.


(Anis Zihni)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama