temanggungnews.id, Temanggung - Sebanyak 13 mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok Purborejo 1 Kecamatan Bansari mengikuti kegiatan review proposal. 


Kegiatan ini diadakan oleh kampus INISNU Temanggung guna mematangkan program kerja yang diusulkan oleh mahasiswa peserta KKN.


Pada kegiatan review proposal KKN tersebut terdapat beberapa program kerja yang diusulkan oleh mahasiswa seperti pendampingan PKK milenial, pelatihan pembuatan pupuk  dan pestisida, pelatihan kelas gizi balita, pelatihan pengolahan cabai, dan lain-lain. 


Bertugas sebagai reviewer dalam kegiatan tersebut adalah Bapak M. Fadloli Al Hakim. Dalam sambutannya beliau menjelaskan beberapa tujuan pelaksanaan review tersebut. 


“Kegiatan review proposal KKN ini bertujuan untuk mematangkan program kerja KKN, kegiatan apa yang bisa mahasiswa lakukan dalam membantu masyarakat di desa Purborejo” tutur Bapak M. Fadholi Al Hakim. 


“Karena KKN tahun ini mengusung tema pencegahan dan penanganan stunting, jadi untuk program kerja yang direncanakan oleh mahasiswa juga tidak boleh terlepas dari itu” imbuhnya.


Kegiatan yang berlangsung Jumat (16/12/22) ini juga turut dihadiri oleh Bapak M. Iqbal Chailani selaku dosen pembimbing lapangan (DPL) KKN kelompok Purborejo 1. 


Proposal yang diajukan oleh mahasiswa memang sebelumnya telah dilakukan review oleh DPL. Tujuannya agar program kerja lebih terarah, selain itu mahasiswa juga bisa mendapatkan arahan terkait program kerja yang akan dijalankan selama KKN.


Dosen pembimbing lapangan, Iqbal Chailani, memaparkan bahwa KKN merupakan media bagi mahasiswa dalam mengabdi kepada masyarakat, oleh karena itu mahasiswa harus menyiapkan betul mulai dari perencanaan hingga kebutuhan yang diperlukan. 


“Harapannya setelah kegiatan review proposal ini mahasiswa dapat mengimplementasikan program kerja yang sudah diusulkan dengan tepat, agar bermanfaat betul untuk masyarakat” Ujar Bapak Iqbal Chailani. 


Beliau juga menambahkan bahwa program kerja harus berkelanjutan, artinya apabila kegiatan KKN telah selesai program kerja tetap terlaksana sesuai tujuan awal. Sehingga kebermanfaatan program kerja benar-benar terealisasi.


 (Nah)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama