Temanggung, TemanggungNews.id - Sebanyak 41 Kepala Desa dari 16 Kecamatan di Kabupaten Temanggung mengikuti kegiatan Pembekalan Tugas Kepala Desa masa jabatan 2022-2028 di Aliyana Ballrom pada Kamis, (08/12/2022). 


Peserta pelatihan merupakan para kades terpilih pada pilkades  serentak serta pergantian antar waktu tahun 2022.


Adapun pelatihan tersebut berlangsung selama 3 hari, yaitu pada tanggal 7-9 Desember 2022, dengan mendatangkan berbagai narasumber salah satunya Wabup Temanggung Heri Ibnu Wibowo.


Tindak lanjut dari acara pembinaan ini, para kades akan melakukan study banding ke Desa Logede, Kecamatan Pejagoan Kabupaten Kebumen pada 9 Desember 2022 yang dinobatkan sebagai Desa anti korupsi. 


Pada kesempatan itu, wabup mengingatkan bahwa kades itu pemimpin, bukan penguasa Desa, "Sangat berbeda sekali antara pemimpin dengan penguasa, jangan mempunyai watak penguasa, mempunyai karakter penguasa. Kalau anda jadi penguasa mempunyai watak sopo wani karo aku (siapa berani dengan saya), sehingga apa yang kita lakukan tidak pernah menjadi manfaat bagi masyarakat," katanya.


Selanjutnya Wabup berpesan agar para kades bisa menjaga komunikasi dan koordinasi dengan berbagai pihak untuk kelancaran program pemerintah Desa, Lakukan koordinasi ke samping dengan lembaga-lembaga desa, ke atas dengan pemerintah kabupaten dan kecamatan, dan ke bawah kepada perangkat desa dan masyarakat. Sukses dan tidaknya tergantung dari baik tidaknya komunikasi. Bagaimana bisa menghargai orang lain. Dan belum tentu juga dengan koordinasi ini kita mendapatkan hasil yang kita inginkan," tuturnya.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama