temanggungnews.id, Temanggung - Bertempat di kantor DPPPAPPKB Provinsi Jawa Tengah berlangsung penyerahan peghargaan kategori Pelayanan Ramah Anak di Puskesmas Terstandarisasi dan Sebagai Rujukan Nasional Tahun 2022. Perhelatan yang berlangsung pada Jumat (20/1/23) tersebut berhasil diraih oleh Puskesmas Temanggung. 


Penghargaan dalam bentuk penyerahan sertifikat & plakat PRAP ini merupakan tindaklanjut dari serangkaian proses audit Standarisasi PRAP yang diadakan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia (KEMENPPPA RI) yang diikuti Puskemas Temanggung dan hasilnya telah diserahkan kepada Provinsi.


Penghargaan diserahkan secara langsung oleh Kepala DPPPAPPKB Provinsi Jawa Tengah Retno Sudewi kepada Kepala Dinas Kesehatan Temanggung, Dr. Intan Pandanwangi, Kepala DPPPAPPKB Temanggung, Sri Endang Praptaningsih, Kepala Puskesmas Temanggung, Dr. Anastasia Susilo Handayani, dan Kepala Bidang PPPA DPPPAPPKB Temanggung, Darmayani. 


Kepala DPPPAPPKB Provinsi Jawa Tengah dalam sambutannya berharap bahwa dengan prestasi yang diraih Puskesmas Temanggung ini dapat menjadi pemicu semangat dan motivasi bagi Puskesmas lain. 


“Semoga capaian ini dapat direplikasi dan mendorong peningkatan kualitas layanan ramah anak di seluruh Kabupaten Temanggung, dan juga Kabupaten/Kota lainnya di Jawa Tengah.” tutur Retno Sudewi. 


Ia juga menyampaikan apresiasi kepada Puskesmas Temanggung yang telah melaksanakan pelayanan yang ramah anak dan terstandarisasi sebagai rujukan nasional.


“Saya menyampaikan selamat dan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Puskesmas Temanggung yang telah sukses meraih penghargaan kategori Pelayanan Ramah Anak di Puskesmas Terstandarisasi dan Sebagai Rujukan Nasional Tahun 2022,” pungkasnya.


Dalam pengarahannya, Retno Sudewi juga menyampaikan pentingnya penerapan Pelayanan Ramah Anak di Puskesmas (PRAP) dalam mendukung capaian kabupaten layak anak di daerah, terutama untuk meningkatkan kualitas layanan bagi anak. Capaian Puskesmas Temanggung ini diharapkan terus ditingkatkan, khususnya dengan memberi ruang kepada anak-anak untuk berpartisipasi dan memberi masukan demi peningkatan kualitas layanan.


(Puteri Anggita) 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama