temanggungnews.id, Temanggung - Bertempat di Dusun Tegalparakan pada Minggu (8/1/22), para remaja dusun melaksanakan Gerakan Literasi dan Media (SIDIA). 


Kegiatan tersebut dihadiri oleh kepala Dusun Tegalparakan, Kader Posyandu, Pengurus IP3NU Ranting Gemawang, dan Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Institut Islam Nahdlatul Ulama (INISNU) Temanggung.


Kepala Dusun Tegalparakan, Tukijan, mengungkapkan rasa terimakasihnya pada seluruh hadirin. 


"Terima kasih untuk seluruh panitia dan pemateri atas inisiasi kegiatan remaja ini. Terima kasih anak anakku Dusun Tegalparakan yang memiliki kesemangatan untuk hadir di acara ini. Semoga acara ini dapat bermanfaat untuk kita semua" tutur Tukijan dalam sambutannya.


Perwakilan Kader Posyandu Remaja, Muryati, dalam sambutannya juga mengucapkan rasa terima kasih dan harapan atas adanya kegiatan tersebut.


"Terima kasih Mahasiswa KKN INISNU Temanggung yang telah menjadi fasilitator pada acara ini. Terima kasih juga kepada Temanggung News dan iNews Temanggung yang berkenan untuk membimbing remaja dusun ini untuk berkegiatan. Semoga dengan adanya kegiatan ini, keorganisasian remaja dapat aktif kembali" ungkap Muryati.


Fasilitator kegiatan, Anggita, dalam sambutannya mengungkapkan rasa syukurnya atas terselenggaranya gerakan tersebut.


"Terima kasih teman-teman Dusun Tegalparakan yang telah berperan aktif demi terselenggaranya acara ini. Tanpa kalian, acara ini tidak ada apa-apanya. Terima kasih atas suppot yang besar dari Bapak Kadus dan Ibu ibu Kader Posyandu Remaja. Terimakasih rekan dan rekanita serta teman seperjuangan KKN. Terimakasih para pemateri dari Temanggung News dan iNews Temanggung yang berkenan untuk belajar bersama remaja. Gerakan SIDIA (Literasi dan Media) ini penting sekali, terutama untuk remaja agar bijak memanfaatkan media dengan konten literasi yang positif. Beberapa waktu lalu kami sudah mengobrol dengan remaja dan ternyata dari diskusi tersebut mereka tertarik pada literasi dan media. Oleh karena itu fasilitator menghadirkan dua pemateri yakni Pimpinan Redaksi Temanggung News Irfan Cahyono untuk praktik membuat media blogspot dan Wartawan iNews Temanggung Ahmad Farichin untuk praktik literasi dasar. Semoga acara ini berjalan dengan lancar dan bermanfaat" tutur Anggita.


Pimpinan Umum Temanggung News, Dwi Kurniawan, dalam sambutannya menjelaskan tentang keorganisasian pers pada remaja.


"Dalam organisasi pers, setiap orang memiliki peran tersendiri. Jadi kita tidak perlu iri dengan tugas orang lain yang menurut kita lebih mudah, karena masing-masing punya tupoksi yang berbeda. Seperti misalnya pimpinan umum yang harus bisa momong seluruh anggota, pimpinan redaksi yang harus bisa membuat ide konten, editor yang pandai mengevaluasi dan sebagainya. Nanti dari Temanggung News akan membimbing teman-teman remaja. Tinggal bagaimana langkah yang ingin kita pilih, hanya wacana atau ingin aksi nyata. Dalam pers, ada yang lebih penting daripada kepandaian yakni tekad yang kuat" ujar Dwi.


Acara pun dilanjutkan dengan pemateri pertama, Irfan Cahyono, yang mengajak para remaja untuk membuat dan mengoperasikan akun blogspot. Setelah itu disambung dengan pemateri kedua, Ahmad Farichin, yang memberikan motivasi berliterasi dan praktik literasi dasar bersama.


Acara diakhiri dengan sesi foto bersama dan pembentukan organisasi pers remaja Dusun Tegalparakan.


(Anggita)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama