Temanggung, temanggungnews.id - Madrasah Ibtidaiyah Al Ikhlas Parakan, Temanggung mengadakan peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad 1444 H, Senin (27/2/23). Acara ini digelar sekaligus untuk memperingati Hari Ulang Tahun MI Al Ikhlas Parakan ke-46 yang jatuh pada tanggal 27 Februari 2023. 


Kegiatan tersebut dihadiri oleh sekitar 400 tamu undangan dan 350 siswa, acara berlangsung semarak dengan penampilan para siswa. Tampil dalam acara tersebut yaitu Jam’iyatul Quro’ Madiska, grup drum band Shout Madiska, pencak silat Pagar Nusa Garuda Bambu Runcing Madiska, grup rebana Jam’iyah Sholawat Madiska, musikalisasi puisi, dan Tari Soreng yang dibawakan oleh penari dari Madiska Ayodhya Pala. Tampil juga pameran hasil karya seni lukis dan seni kaligrafi yang dipajang di sudut halaman.


Peringatan Isra’ Mi’raj dan HUT madrasah dimanfaatkan untuk menampilkan kebolehan para peserta didik. “Gelar karya siswa yang ditampilkan hari ini merupakan hasil dari kegiatan ekstrakurikuler yang telah dilaksanakan setiap hari Sabtu,” ungkap Kepala MI Al Ikhlas Parakan, Setyaningsih, M.Pd.I. 


“Setiap anak memiliki keunikan masing-masing. Karenanya, kami berusaha memberikan ruang bagi peserta didik untuk mengembangkan bakat dan minatnya,” lanjutnya.


Setyaningsih menyatakan,”Kegiatan ini mengusung tema : Menyemai Semangat Isra’ Mi’raj Mewujudkan Generasi Madrasah Taat Ibadah.” Dengan harapan besar bahwa dengan mometum peringatan Isra’ Mi’raj dan Hari Ulang Tahun madrasah, menambah semangat bagi seluruh warga madrasah untuk semakin taat dalam beribadah dan meneladani perilaku Rasulullah SAW.


Sebagai acara inti, diisi dengan pengajian yang menghadirkan KH. Ya’kub Mubarak dari Parakan sebagai pembicara. Hadir sebagai tamu undangan, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung KH. Ahmad Muhdzir, S.Ag, MM. Ketua PC Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Kabupaten Temanggung Drs. H.Yusuf Purwanto, M.Ag, Pengawas Madrasah Kecamatan Parakan Hj. Sri Yatun, S.Ag, M.Si; dan Ketua MWC LP Ma’arif NU H. Muh. Zaidi, M.Pd.I. Hadir pula Ketua Pengurus MI Al Ikhlas Parakan KH. Yusuf Tajuddin Nur, Lcf, M.S.I beserta jajaran, serta Ketua Komite MI Al Ikhlas Warsito beserta jajaran.


Hari ini merupakan hari ke-2 dalam rangkaian peringatan Isra’ Mi’raj dan Hari Ulang Tahun Madrasah.

Sebelumnya, Sabtu (25/2/2023) diadakan lomba mewarnai dan lomba karaoke shalawat untuk tingkat taman kanak-kanak yang diikuti 140 peserta. Dengan kegiatan tersebut, diharapkan masyarakat lebih mengenal akan budaya belajar di MI Al Ikhlas. Sedangkan bagi siswa-siswi, diharapkan akan tumbuh kebanggaan dan kecintaan mereka terhadap almamaternya.


Diharapkan dengan bertambahnya usia, keberadaan madrasah dapat membawa manfaat untuk lingkungan sekitar, menjadi madrasah yang dibanggakan oleh segenap civitas madrasah, dan dapat mewujudkan visi misi madrsah : Mencetak generasi penuntut ilmu yang cerdas, mandiri berprestasi, dan berakhlak Qurani.(SW).

1 Komentar

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama