temanggungnews.id, Wonosobo - SMK Andalusia 1 Wonosobo menggelar acara resepsi peringatan 1 abad NU dengan gelar karya siswa. Kegiatan ini diselenggarakan di halaman sekolah dan dihadiri oleh seluruh siswa, dewan guru, pengurus LP Ma'arif NU PCNU Kabupaten Wonosobo dan juga pengawas SMK Cabdin 9 pada Selasa, 7 Februari 2023.


"Penyelenggaraan resepsi harlah 1 Abad NU ini merupakan momen yang sangat penting bagi kita, disamping sebagai wujud syukur kita kepada Allah tetapi juga sebagai momen untuk memulihkan kembali semangat perjuangan NU dalam mengawal dan memperjuangkan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia, momen ini bisa kita jadikan juga sebagai cemeti diri dalam berkhidmat di NU." ujar Faizal Arifin di sela-sela sambutanya.


Kegiatan ini juga diselenggarakan bersamaan dengan kegiatan gelar karya penguatan proyek profil pelajar pancasila (P5) oleh seluruh siswa dari kelas X - XII. siswa dibagi menjadi beberapa kelompok berdasarkan kelas/jurusan yang diambil dan setiap kelas mendirikan stand yang digunakan sebagai display untuk menunjukan hasil kreatifitas siswa.


Jumlah alokasi jam untuk kegiatan P5 dalam satu tahun adalah 288 jam pelajaran untuk kelas X, 144 jam pelajaran untuk kelas XI, dan 36 jam pelajaran untuk kelas XII.


Untuk P5 di SMK andalusia mengambil 3 tema dalam 1 tahun yaitu kepekerjaan, kearifan lokal n suara demokrasi bagi kelas X dan khusus untk tema kepekerjaan wajib disemua kelas. 


"Ada beberapa sekolah yang saya kunjungi dan kacau dalam penyelenggaraan gelar karya P5 disekolah, karena kelas XII dan XII tidak diikutsertakan dalam kegiatan. Berbeda di SMK Andalusia ini yang menyertakan kelas XI dan XII untuk mengaktualisasikan mata pelajaran PKK sehingga penyelenggaraan dapat maksimal apalagi dibarengkan dengan peringatan harlah 1 Abad NU, tentunya sangat efisien dan menarik sekali," ujar Supriyanto pengawas SMK cabid 9. 


Di samping itu, Supriyanto juga menyampaikan tujuan P5 adalah untuk menguatkn karakter dimana siswa siswi SMK Andalusia diharapkan agar tertanam sikap dan akhlak yg baik, dalam menerima tamu, penyambutan tamu, berbicara dengan guru dan teman. Harapanya siswa siswi SMK Amdalusia harus berbeda dengan sekolah yg lain dalam segi karakter harus berakhlakul karimah.


"Letak SMK Andalusia 1 Wonosobo yang berada di Kecamatan Kertek sangat strategis untuk pengambangan pendidikan. Sekolah yang didirikan oleh PCNU Wonosobo ini tentunya menjadi salah satu sekolah yang diharapkan sebagai sekolah dengan nilai-nilai luhur ajaran Ahlussunnah wal jama'ah. Acara peringatan 1 abad NU dan gelar karya P5 ini bertujuan untuk mendoakan para masayikh dan muasis NU serta pendiri SMK Andalusia, juga sebagai bentuk rasa syukur. disamping memiliki tujuan yaitu mengimplementasikan amanat kementrian pendidikan tentang aktualisasi P5 (proyek penguatan profil pelajar pancasila) pada kehidupan nyata," ujar Sukron kepala SMK Andalusia 1.


Kegiatan harlah 1 Abad NU dan gelar karya SMK Andalusia 1 Wonosobo dihadiri oleh pengawas cabdin 9 jawa tengah, Sekretaris LP Ma'arif, ketua komite, dan dewan guru dan karyawan serta seluruh siswa-siswi SMK Andalusia 1 Wonosobo. (Faiz).

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama