Temanggung, iNews Temanggung - Pengurus Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Kandangan, Kabupaten Temanggung adakan Pelatihan Jurnalistik Minggu, (12/03/2023). 


Kegiatan yang berlangsung di TPQ  Wadas, Kandangan tersebut diikuti puluhan anggota IIPNU-IPPNU, baik dari Ranting Wadas maupun PAC Kandangan. 


Sebelum pelatihan, Halimatus Sa'adah, selaku pengurus Muslimat NU Ranting Wadas memberikan motivasi kepada peserta,  ia berpesan agar para anggota istiqomah di IPNU-IPPNU agar menjadi orang yang bermanfaat. 


Pada kesempatan itu, panitia menghadirkan 2 pemateri sekaligus, yaitu Dwi Kurniawan yang merupakan wartawan INews Temanggung, dan Puteri Anggita selaku Pimpinan Redaksi Temanggungnews. 


Pemateri pertama, Dwi Kurniawan, menyampaikan pentingnya melek media untuk saat ini, " Kita sangat penting untuk belajar media, sudah zamannya, karena kegiatan sebesar apapun kalau tidak diabadikan terkesan tidak sukses, tapi kegiatan sekecil apapun ketika kita rutin mengabadikan maka akan tetap eksist, jadi mari gunakan media sebagai syiar kebaikan," ujar Dwi. 


Selanjutnya, Dwi juga menyampaikan beberapa manfaat menjadi seorang jurnalis,  " Menjadi jurnalis itu sangat banyak manfaat yang kita peroleh, pertama, kita akan belajar berkomunikasi, kedua, melatih menulis dan mendokumentasikan, ketiga belajar mengabadikan foto maupun video, keempat dapat menambah jaringan dan wawasan baru, " pungkas Dwi. 


Puteri Anggita sebagai pemateri kedua pada kesempatan itu, langsung mengajari peserta untuk praktik membuat berita secara dasar, menganalkan unsur 5W+1H, cara menyusun berita yang baik serta teknik membuat judul.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama