Temanggung, temanggungnews.id – Dalam rangka memajukan mutu, Institut Islam Nahdlatul Ulama (INISNU) Temanggung terus melakukan akselerasi melalui berbagai program, salah satunya adalah internasionalisasi melalui publikasi artikel ilmiah hasil riset dan pengabdian kepada masyarakat di jurnal internasional bereputasi yang terindeks Scopus maupun Web of Science.


Hal itu terungkap dalam laporan tahunan rektor pada Sidang Senat Terbuka dalam rangka Dies Natalis ke-53 di aula KBIHU Babussalam NU, Senin pagi (13/3/2023).


Sidang Senat Terbuka tersebut dihadiri Rois Syuriah PCNU Temanggung KH. Yakub Mubarok, Dewan Penyantun dan Dewan Pengurus BPP INISNU Temanggung, Ketua MWC NU se Kabupaten Temanggung, dosen, mahasiswa dan tamu undangan.


“Pada kriteria ke kesembilan yaitu luaran dan capaian tridharma. Pada aspek pendidikan, mahasiswa INISNU saat ini semakin bermutu. Selain dipaksa untuk lulus tepat waktu kurang dari delapan semester, karya skripsinya maksimal similarity (kesamaan) atau tingkat plagiasinya maksimal 35 persen yang dicek melalui aplikasi Turnitin. Sebelum wisuda, mahasiswa juga wajib submit artikel hasil skripsi di jurnal nasional atau internasional. Maka jumlah artikel hasil riset minimal 1 mahasiswa 1 artikel di luar tugas perkuliahan,” kata Rektor INISNU Dr. Muh. Baehaqi.


Pada aspek publikasi, lanjut dia, mahasiswa INISNU sejak 2021-2023 tercatat lebih dari 700 lebih artikel populer mahasiswa terpublikasikan di media massa dan ratusan artikel ilmiah di jurnal nasional dan internasional.


“Pada aspek publikasi ilmiah di jurnal ilmiah, prosiding seminar, dan buku, berdasarkan data di Google Scholar tercatat kurun 2022-2023 ada 396 artikel karya dosen dan mahasiswa, dan tercatat 42 Hak Kekayaan Intelektual telah didapatkan dari karya ilmiah, desain inovasi, karya digital dan lainnya. 


Pada publikasi internasional, sebanyak 10 dosen INISNU telah berhasil menulis di jurnal internasional Scopus, dan 2 artikel dengan 3 penulis telah accepted jurnal internasional Scopus,” lanjut Baehaqi.


Hal itu tentu menjadi capaian yang sangat cepat karena sebelumnya, belum ada satupun dosen dan mahasiswa yang memiliki publikasi internasional bereputasi, namun sejak 2021 sampai 2023, jumlah publikasi dalam skala global terus merangkak naik.


Untuk mendukung hal itu, INISNU melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) memberikan bantuan hibah riset dan PkM, serta insentif publikasi artikel pada jurnal nasional terakreditasi Sinta 1 – Sinta 6, dan jurnal internasional bereputasi Scopus Q1 – Scopus Q4 dengan minimal Scientific Journal Rankings (SJR) minimal 0,15. Dalam kesempatan itu Rektor juga memberikan apresiasi dan penganugerakan kepada dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa yang berprestasi dan memiliki capaian pada bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi.


Dalam kesempatan tersebut Rektor melaporkan kinerja dan capaian INISNU Temanggung selama setahun yang mengacu pada kriteria mutu yang telah ditetapkan pemerintah berdasarkan Standar Nasional Pendidikan Tinggi dan BAN-PT atau LAM. 


Ada sembilan kriteria mutu yaitu Visi, Misi, Tujuan, dan Strategi, Tata Pamong, Tata Kelola, dan Kerjasama, Mahasiswa, Sumber Daya Manusia, Keuangan, Sarana, dan Prasarana, Pendidikan, Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Luaran dan Capaian Tridharma Perguruan Tinggi. (*)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama