Temanggung, temanggungnews.id - Siswa SMKN Jumo Temanggung menggelar pameran foto bertajuk "Mencantel Sebelum PeKaEl". Tema ini diambil mengingat akan berlangsungnya Praktik Kerja Lapangan (PKL) sehingga acara tersebut sekaligus berguna sebagai ajang berpamitan sebelum melakukan PKL. 


Kegiatan yang berlangsung pada Selasa (7/3/23) hingga Rabu (8/3/23) digelar di halaman sekolah dan diprakarsai oleh siswa kelas XI Multimedia.


Pada kesempatan itu, para siswa memamerkan  hasil karya dari mata pelajaran Desain Grafis Percetakan (DGP) dengan berbagai macam jenis teknik fotografi.


Guru pengampu mata pelajaran Lukman Hariyono, S.Sn menerangkan bahwa pameran ini merupakan langkah mengenalkan dunia fotografi. 


"Dalam fotografi, siswa tidak hanya asal-asalan mengambil foto, tapi harus memperhatikan jenis dan tekniknya, sehingga foto yang diambil benar-benar mampu bercerita dan memberikan pesan. Pesan juga dapat disampaikan melalui gambar”, ungkapnya.


Selain kegiatan pameran, siswa juga diberi kesempatan untuk berjualan produk. Hal ini juga berkaitan dengan mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan (PKK). Jadi, dalam satu ajang pameran siswa mendapatkan dua penilaian untuk dua mata pelajaran sekaligus. 


Guru PKK Wisnu Sri Widyoko, S.E. menyampaikan Berjualan adalah cara kongkrit untuk melatih jiwa kewirausahaan pada siswa.


“Mau dan berani berjualan, sesuai dengan minat siswa meskipun dengan modal yang terbatas”, tutur pendidik yang berasal dari Magelang tersebut.


Antusias siswa terlihat sekali pada akhir kegiatan, yakni mereka secara bersama-sama menghitung omset dan keuntungannya.


“Alhamdulillah, hari pertama omsetnya mencapai 1 juta lebih, dan hari kedua juga sama”, tutur salah satu siswa yang tidak mau disebutkan namanya.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama