TEMANGGUNG, temanggungnews.id -Mengusung tema “Puasaku Totalitas Ramadhanku Berkualitas” Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 Kandangan, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah menggelar Pesantren Kilat pada bulan Ramadhan 1444 H.

Kegiatan tersebut berlangsung selama empat hari berturut-turut, mulai Senin, 03/04/2023  hingga Kamis, 06/04/2023.



Acara pesantren kilat diisi dengan berbagai macam kegiatan, hari pertama yakni lomba dai dan kaligrafi dari perwakilan masing-masing kelas.


Hari ke-dua siswa mengikuti kajian tentang hikmah puasa wajib di bulan suci Ramadhan dan salat wajib lima waktu yang dibimbing langsung oleh para guru.


Sementara hari ke-tiga digelar pengajian umum dengan pembicara ustaz Sunirman dari MA Muallimin Rawaseneng Kandangan serta pentasarufan zakat fitrah yang dihelat pada hari ke-empat pesantren kilat.


Guru PAI SMP Negeri 3 Kandangan Mustamadah Kamali mengatakan, selain acara itu merupakan program tahunan, pesantren kilat sengaja diselenggarakan guna melatih siswa agar lebih taat beribadah, membentuk manusia yang bermutu, memperkuat karakter serta membangun kedisiplinan siswa di sekolah. 


“Saya berharap kegiatan ini mampu menambah semangat siswa untuk lebih giat  belajar dan beribadah, siswa juga bisa memaknai puasa di bulan suci ini dengan baik, semoga apa yang didapat dari pesantren kilat ini dapat diimplementasikan oleh siswa baik itu di sekolah atau pun di masyarakat.” Tuturnya.  


Selain itu, Mustamadah juga menambahkan, bahwa untuk mendorong mutu sekolah khususnya dalam kegiatan ibadah, SMP Negeri 3 Kandangan telah melaksanakan pembiasaan siswa yang dilaksanakan setiap hari selain di bulan suci, yakni dengan ngaji bersama di pagi hari sebelum kegiatan pembelajaran dimulai. 


Hal itu dibenarkan oleh kepala sekolah setempat Istori, ia mengapresiasi semua kegiatan keagamaan yang sudah dilaksanakan di SMP Negeri 3 kandangan, baik itu kegiatan keagamaan yang dilaksanakan pada hari-hari biasa, mau pun khusus pada bulan puasa. 


Istori juga mengimbau kepada semua guru dan karyawan untuk turut membantu demi lancarnya semua program sekolah yang sudah berjalan. 


“Kegiatan agama merupakan bagian terpenting dalam sebuah pembelajaran, saya yakin dengan meningkatkan kegiatan keagamaan siswa dan siswi di sini akan semakin berprestasi, karena tak hanya berbekal ilmu pengetahuan saja namun juga budi pekerti. Oleh sebab itu, saya mengajak kepada semua warga sekolah untuk saling mendukung agar semua kegiatan dapat berjalan dengan baik," Terangnya.


Mtb/cki

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama