TEMANGGUNG, temanggungnews.id - Dalam rangka memperkenalkan pentingnya produk halal pada di lingkungan madrasah, diadakan program "Kantin Halal" pada Selasa (23/05/2023) di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Temanggung. Pemateri dalam acara ini adalah Abdul Wahab Fahrub, M.Pd, seorang pendamping proses produk halal sekaligus  dosen INISNU Temanggung.


Sosialisasi ini dihadiri oleh pengurus kantin MAN Temanggung, penjual yang berlapak di kantin, serta siswa-siswi kelas ketrampilan bisnis. Abdul Wahab Fahrub menyampaikan pentingnya kantin halal di lingkungan madrasah, dengan alasan adanya kewajiban sertifikasi halal produk dari pemerintah. Selain itu ia juga memaparkan beberapa manfaat dari program sertifikasi halal tersebut.


"Program kantin halal madrasah memberikan berbagai manfaat, antara lain memberikan kenyamanan kepada konsumen di lingkungan madrasah, kemudian memberikan akses lebih mudah untuk pengembangan produk kantin dan produk siswa di lingkungan madrasah, dengan persyaratan legal formal seperti Nomor Induk Berusaha (NIB) dan sertifikat halal yang nantinya dapat digunakan sebagai penunjang pengembangan produk. Selain itu juga akan memberikan barokah yang lebih kepada seluruh anggota sekolah," tutur Wahab.


Dalam acara sosialisasi, pemateri mengacu pada Surat Edaran BPJPH Nomor: P-2230/BD.II/Set.BD.II.1/HM.00/03/2023 tentang Sertifikasi Halal dan Peningkatan Aktivitas Pendampingan PPH dari Guru dan Tenaga Keperawatan. Pemateri menekankan pentingnya memastikan semua produk yang dijual di kantin madrasah adalah produk yang benar-benar halal dan memiliki sertifikat halal dari BPJPH.


Pemateri mendorong pihak pengurus kantin madrasah untuk memperhatikan bahan dan proses produksi di kantin, serta menyortir produk dari luar yang masuk dengan persyaratan sertifikat halal. Selain itu, pemateri mendorong kerjasama antar madrasah dalam membentuk ekosistem halal di lingkungan mereka.


Dosen INISNU Temanggung tersebut  memberikan dorongan kepada siswa kelas APHP MAN untuk mengembangkan inovasi menjadi usaha yang baik di masa depan. Diharapkan MAN Temanggung dapat menjadi pelopor madrasah yang memiliki kantin halal di kota Temanggung.


Selanjutnya, pihaknya akan melaksanakan pelatihan teknis tentang pendaftaran sertifikasi halal, mulai dari pembuatan akun SIHALAL hingga proses pengajuan sesuai dengan prosedur yang berlaku.


Sosialisasi program kantin halal ini diharapkan dapat mendorong kepatuhan dan inovasi dalam menjalankan prinsip halal di lingkungan MAN Temanggung. Dengan adanya kantin halal, diharapkan tercipta lingkungan yang aman dan nyaman bagi konsumen, serta memberikan peluang pengembangan usaha yang lebih baik bagi siswa.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama