Temanggung, temanggungnews.id - Dalam rangka melakukan penjaminan mutu melalui akreditasi, Institut Islam Nahdlatul Ulama (INISNU) Temanggung bekerjasama dengan PT Sentra Vidya Utama (SEVIMA) menggelar pelatihan akreditasi berbasis cloud pada Senin (12/6/2023).


Dalam paparannya, narasumber dari Sevima, Ferlin, mengatakan bahwa selama ini ada beberapa masalah akreditasi yaitu kurangnya SDM, kesulitan mencari dan merekap data, data yang tidak valid, dan lainnya. Sehingga, menurutnya, dibutuhkan sistem akreditasi cloud.


"Manfaat akreditasi cloud yaitu persiapan akreditasi lebih cepat dengan kolaborasi, mudah mengumpulkan data akademik terutama yang sudah ada di feeder, simulasi penilaian akreditasi sesuai kriteria terbaru," katanya.


Pihaknya juga melakukan demo sistem akreditasi cloud SEVIMA dari awal sampai akhir.


"Di sistem juga sudah kami lengkapi alur sistem pengisian akreditasi dan evaluasi diri," kata dia.


Pihaknya menegaskan, bahwa sistem akreditasi cloud ini hanya untuk melakukan pengumpulan data sebelum submit di sistem BAN PT atau LAM. 


Sementara itu, Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan INISNU Temanggung Hamidulloh Ibda mengatakan bahwa kegiatan tersebut dalam rangka memperkuat persiapan reakreditasi pada tiga Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), dan Ekonomi Syariah (ES).


Dikatannya, bahwa akreditasi maupun rakreditasi menjadi bagian dari penjaminan mutu eksternal melalui Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) dan Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM).


"Kemarin sudah kita rapatkan persiapan teknis untuk reakreditasi, nah harapannya melalui kegiatan ini akan memudahkan Dekan, Kaprodi dan dosen untuk menyiapkan reakreditasi di tahun ini," katanya.


Hadir juga dalam kesempatan itu LPM, Dekan, Kaprodi, dosen, Biro Akademik dan Kemahasiwaan, serta operator INISNU Temanggung.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama