TEMANGGUNG, temanggungnews.id -Peserta khutbatul Wada pondok pesantren Al-Mu'min Muhammadiyah Tembarak (Almatera) mengikuti stadium general. pada Sabtu, (03/06/2023)  


Stadium general diisi oleh ketua Bidang pendidikan, pelatihan, dan Kaderisasi mubaligh pengurus pusat Muhammadiyah Dr Syakir Jamaluddin.


Dihadapan ratusan wisudawan Dr Syakir menyampaikan pentingnya akhlak bagi santri.


"Saya sangat setuju tadi, jika kriteria santri teladan itu berdasarkan akhlak dan nilai akademis, sebab akhlak itu segalanya. Nabi saja diutus ke muka bumi ini untuk menyempurnakan akhlak. Maka di pondok pesantren akhlak ini sangatlah penting," ungkap Dekan FAI UMY tersebut.


Selanjutnya, Dr Syakir berpesan kepada para santri untuk senantiasa terus melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.


" Jihad kita hari ini bukanlah perang mengangkat senjata, akan tetapi musuh kita kali ini adalah melawan kebodohan, sehingga saya berharap kepada para wisudawan jangan berhenti untuk meneruskan ke perguruan tinggi agar ilmunya lebih bermanfaat," katanya 


Pada kesempatan itu dosen UMY tersebut memberi resep rahasia untuk meraih kesuksesan.


"Jika kalian ingin sukses kalian harus memiliki empat resep rahasia, pertama Spiritual, santri pasti sudah memiliki iman dan taqwa, kedua kecerdasan intelektual, makanya jangan berhenti sampai di sini, setelah lulus silahkan melanjutkan ke perguruan tinggi, yang ketiga kecerdasan emosional, orang yang mau sukses itu harus sabar dan yang terakhir harus bisa bersosial," pungkas Dr asal Jogja tersebut.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama