TEMANGGUNG, temanggung news.id
Puluhan santri Pondok Pesantren Al-mukmin Muhamadiyah Tembarak (Almatera) menampilkan berbagai pertunjukan seni di Gedung Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) pada Sabtu, (03/06/2023). 


Kegiatan itu berlangsung dalam rangka memeriahkan Khutbatul Wada tahun pondok pesantren Almatera tahun ajaran 2022/2023.


Khutbatul Wada sendiri merupakan acara wisuda bagi para santri Almatera yang telah dinyatakan lulus, baik dari MTs, MA, SMK dan SMP. 


Adapun  santri dari berbagai jenjang yang diwisuda pada Khutbatul Wada tersebut berjumlah 241.


Santri yang tampil pada Khutbatul Wada tersebut pun berasal dari beragam jenjang. Penampilan pertama merupakan kolaborasi ekstrakurikuler hizbulwathon dan grup tari saman. Pada awal pertunjukan mereka melakukan penampilan secara bergantian, barulah pada akhir penampilan mereka berkolaborasi di atas panggung menyajikan pertunjukan yang apik. Pentas dilanjutkan dengan penampilan Sahta Sahlan Wa Tahlifan. 


Adapun arti dari Sahta Sahlan Wa Tahlifan sendiri bermakna belajar bahasa arab dengan mudah dan menyenangkan. Dengan membawakan papan bertuliskan kata dasar untuk belajar bahasa arab, para santri pun melakukan penampilan dengan menyanyikan lagu sesuai kata yang ada di papan disertai dengan gerakan. Penampilan terakhir adalah pertunjukan drama. Drama tersebut mengangkat kisah dari seorang lulusan Pondok Almatera yang sedang bernostalgia dengan kenangannya selama di pondok. Beberapa adegan dibuat kocak sehingga menggelitik para hadirin. 


Acara dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Quran, kemudian menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars Sang Surya, dan Himne Almatera. 


Salah satu santri yang menampilkan tari saman, Nafida, mengaku bahwa ia senang bisa tampil pada acara tersebut. 


"Persiapan untuk tampil di acara ini cukup singkat yakni sekitar satu bulan. Sebenarnya agak grogi, tapi senang sekali bisa tampil di acara Khutbatul Wada ini. Semoga di kesempatan lain latihannya bisa lebih matang dan lebih kompak lagi." tuturnya. 


Nafida juga mengungkapkan harapannya pada para santri yang diwisuda. 


"Semoga untuk kakak-kakak dan adik-adik yang diwisuda masih terus mengingat almamater dan selalu menjaga nama baik Pondok Pesantren Almatera" pungkasnya.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama