TEMANGGUNG, temanggungnews.id - Sebanyak 50 orang dari kalangan ibu-ibu yang tergabung dalam Komunitas Srikandi Temanggung Pecinta Tanaman Hidroponik menggelar pelatihan cara menanam sayur kangkung di teras rumah dengan sistem hidroponik pada Kamis, (06/07/2023).


Kegiatan yang berlangsung di Pondok Pesantren Al Kamal , Desa Menggoro, Kecamatan Tembarak, Kabupaten Temanggung itu diikuti seluruh koordinator dari anggota komunitas yang tergabung di Kabupaten Temanggung yakni sejumlah 10 kelompok.


Salah satu inisiator kegiatan ini, Ninik Kusmiasari dari Agrofast Indonesia yang merupakan Alumni Fakultas Pertanian Universitas Tidar Magelang mengatakan kegiatan ini bisa menambah penghasilan keluarga. 



 "Kegiatan ini bertujuan untuk membentuk komunitas srikandi yang memiliki usaha di sekitar rumah masing- masing yaitu usaha tanaman hidroponik khususnya sayuran. Selain sebagai ibu rumah tangga mereka memiliki usaha di teras rumah yang mampu menambah penghasilan keluarga."


Selanjutnya Ninik juga menyampaikan, pihaknya hanya fokus budidaya sayur kangkung sebab mudah untuk perawatannya. 


"Kita lebih fokuskan pada sayur kangkung karena selain mudah perawatannya juga bisa di panen hanya dalam beberapa bulan saja, selain itu tidak membutuhkan tempat yang khusus, " pungkas Ninik. 


Selain mengadakan pelatihan untuk kaum perempuan, komunitas ini menyatakan diri mendukung Gus Muhaimin maju di sebagai calon presiden 2024. Hal ini dilakukan karena kecintaan anggota komunitas pada Gus Muhaimin dan diwujudkan dalam deklarasi dukungan kepada panglima santri tersebut.


Romiyati (45) selaku salah satu peserta menambahkan mendukung Gus muhaimin karena merupakan sosok yang baik. 


 “Deklarasi ini murni dari para srikandi yang sangat mencintai gus Muhaimin karena beliau sosok yang baik yang bisa mewakili kaum perempuan." ujar Romiyati. 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama