SEMARANG, temanggung news.id – Lembaga Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama (LP. Ma’arif NU) PWNU Jawa Tengah mengapresiasi pola perekrutan Guru dan Tenaga Kependidikan yang dilakukan LP. Ma’arif NU PCNU Kabupaten Kendal. Hal itu disampaikan Wakil Ketua LP. Ma’arif NU PWNU Jawa Tengah Fakhrudin Karmani, Senin (10/7/2023).


“Pola perekrutan berbasis kompetensi sangat bagus yang dilakukan LP. Ma’arif NU PCNU Kendal. Hal sama juga dilakukan oleh bebebrapa cabang lain di lingkungan LP Ma'arif NU Jawa Tengah,” kata dia.


Seperti diketahui, LP Ma'arif NU PCNU Kendal baru-baru ini melaksanakan seleksi kompetensi pada 80 calon guru dan pegawai. Hal itu dilakukan untuk menjamin kualitas pendidik dan mutu pendidikan agar mampu bersaing dengan sekolah negeri.


Kepada awak media, Ketua Seleksi Kompetensi Nur Mukidin mengatakan, ada 80 peserta yang mengikuti seleksi kompetensi ini. Itu terdiri dari 64 calon guru dan 16 calon karyawan. Para peserta harus menjalani beberapa tahapan seleksi. Mulai dari seleksi administrasi, tes CAT, tes ke-NU-an, hingga tes wawancara. "Kalau peserta lolos, nanti akan mendapat SK resmi. Itu yang menentukan layak atau tidaknya mengajar di lingkungan Ma'arif Kendal," jelasnya di SMK NU 02 Rowosari Kendal baru-baru ini.


Menurut Fakhrudin, hal itu harus terus dimaksimalkan, karena seleksi yang bagus dan menjamin mutu akan melahirkan pendidik dan tenaga kependidikan yang berkualitas dan secara khusus memastikan bahwa semua guru Ma`arif adalah kader NU yang berpegang teguh pada paham Ahlussunnah wal Jama`ah An-Nahdliyah.


“Pola rekrutmen LP. Ma'arif di Jawa Tengah khususnya di LP Ma'arif NU PCNU Kendal patut dicontoh dan menjadi sistem dalam rekrutmen semua guru Ma'arif secara nasional. Hal itu untuk memastikan bahwa guru yang direkrut benar-benar memiliki komitmen mendidik dengan cara-cara moderat berhaluan Aswaja Annahdliyah," ujar dia. 


Sebagai informasi bahwa semua satuan pendidikan Ma'arif mulai dari tingkat dasar (SD/MI) sampai tingkat Atas (MA/SMA/SMK) berbadan hukum NU (BHP NU) tanpa terkecuali. 


Oleh karena itu, pihaknya mewakili LP. Ma’arif NU PWNU Jawa Tengah mendukung kegiatan perekrutan di semua sekolah dan madrasah di Jawa Tengah yang menguatakan kompetensi akidah Aswaja Annahdliyah, berbasis CAT, dan kompetensi. (*)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama