Ratusan santri Pondok Pesantren Sunan Plumbon, Desa krajan, kecamatan Tembarak Kabupaten Temanggung rayakan malam idul adha dengan berbagai rangkaian acara. 


Kegiatan dimulai dengan lantunan gema takbir yang diikuti oleh seluruh santri di masing-masing komplek pada Kamis, (29/06/2023).


Pada keesokan harinya, seluruh santri putra melaksanakan sholat ied di Pondok Pesantren karena pada hari raya ini tidak ada liburan. 


Hari raya Idul Adha 1444 H  ini bertepatan di hari Kamis Legi, di mana seluruh wali santri mengikuti kegiatan _selapanan_ akbar Kamis Legi.


Kegiatan ini bertujuan sebagai bentuk ikhtiar atau disebut dengan _menirakati santri_ yang dilakukan oleh wali santri agar _Tholabul Ilmi_ para santri berjalan dengan lancar. 


Pada malam kedua Idul Adha yaitu bertepatan dengan malam jumat dilanjutkan dengan kegiatan _Selapanan Simtudduror_ yang diikuti oleh seluruh santri putra dan putri Pondok Pesantren Sunan Plumbon. 


Simtudduror ini diisi dengan sholawat nabi dan bacaan-bacaan _simtudduror_ yang dipimpin oleh grub hadroh Pondok Pesantren Sunan Plumbon. 


"Kegiatan-kegiatan tadi memberikan pesan kepada seluruh santri untuk tetap bersabar dalam menuntut ilmu, meskipun banyaknya cobaan dalam proses Tholabul Ilmi" ujar pengurus komplek Pondok Pesantren Sunan Plumbon. 


Kemudian kegiatan-kegiatan tadi juga mengajarkan kepada seluruh santri untuk tetap bersyukur atas segala kenikmatan yang Allah berikan.


Adapun penyembelihan hewan kurban di pondok pesantren Sunan Plumbon akan dilaksanakan pada hari sabtu (01/06/2023) 


Setidaknya terdapat 13 ekor kambing dan satu ekor sapi yang nantinya akan langsung dibagikan kepada seluruh santri baik putra maupun putri di pondok.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama