TEMANGGUNG, temanggungnews.id - HUT RI merupakan momen yang sangat istimewa bagi warga Indonesia. Setiap elemen dan intansi dan masyarakat umum merayakan peringatan hari kemerdekaan tersebut. Seperti, Pondok Pesantren di Kabupaten Temanggung yaitu Sunan Plumbon  yang memeriahkan HUT RI yang ke-78 dengan sangat meriah. Perayaan HUT RI tersebut, dilakukan selama 4 hari. Rangkaian kegiatan perayaan HUT RI ke-78 pun sangat beragam. Mulai dari lomba panggung, lapangan, dan ruangan. 


Pembukaan perayaan HUT RI ke-78 Pondok Pesantren Sunan Plumbon dimulai pada malam senin tanggal 13 Agustus dengan rangkaian acara yang sangat menarik. Salah satunya yaitu kreasi tari saman santri putri. Kemudian dilanjutkan lomba lapangan yang dilakukan pada waktu pagi selama 3 hari berturut-turut. Dilanjutkan lomba panggung yang diikuti oleh seluruh santri putra dan putri di malam harinya.


Perlombaan panggung yang utama yaitu baca kitab, adzan, dan tahlil. Seterusnya, para santri dan santriwati Pondok Pesantren Sunan Plumbon melaksanakan lomba yang lain yaitu pertujukan pantomim, gado-gado, PBB, cipta musik pesantren, paduan suara, dan masih banyak lagi. Sedangkan perlombaan lapangan seperti lomba estafet, futsal, cantol cething, menyusun cup, dan masih banyak lomba 17-an lainnya. 


Setelah perlombaan selesai, di malam kamis tanggal 16 Agustus dilanjutkan malam Tirakatan HUT Kemerdekaan RI yang ke-78 dengan bacaan Maulid Simtudduror. Pembacaan Maulid Simtudduror diikuti oleh seluruh santri putra dan putri Pondok Pesantren Sunan Plumbon dengan khidmad dan meriah. 


Dilanjutkn di hari-H yaitu kamis, 17 Agustus 2023 diadakan upacara peringatan HUT RI yang ke-78. Upacara dilaksanakan dengan khidmad dan lancar yang diikuti oleh seluruh santri putra purti dan seluruh keluarga besar Pondok Pesantren Sunan Plumbon.


Dalam upacara tersebut ibu Ny. Hj. Sri Wahyuni Lestari selaku pengasuh Pondok Pesantren Sunan Plumbon menyampaikan bahwa kemerdekaan ini kita artikan sebagai "Merdeka bebas yang terarah" artinya bahwa seiring dengan bertambahnya usia kemerdekaan maka masyarakat juga harus bisa melakukan perubahan-perubahan yang positif dan terarah dengan tujuan yang jelas. Kemudian beliau juga menyampaiakan bahwa "suatu hal yang baik harus selalu dikembangkan dengan memberikan inovasi-inovasi baru dan memberikan kehidupan yang lebih baik lagi." Karena seseorang yang beruntung adalah seseorang yang akan menjalankan kesehariannya lebih baik dibandingkn hari-hari sebelumnya. Setelah upacara selesai dilanjutkan pembagian hadiah perlombaan yang diikuti oleh santri putra dan putri Pondok Pesantren Sunan Plumbon.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama