TEMANGGUNG, temanggungnews.id - Kegiatan iqrar merupakan kegiatan sumpah bagi mahasiswa Akper Alkautsar Temanggung yang diselenggarakan secara rutin setiap tahun sekali. Agenda ini didasari dengan Peraturan Akademik Akper Alkautsar Temanggung, yang menyatakan bahwa sebelum mahasiswa melaksanakan praktik klinik keperawatan, mahasiswa harus menjalani iqrar atau sumpah.

Peserta kegiatan adalah mahasiswa semester 3 Akademi Keperawatan Alkautsar Temanggung, yang telah menyelesaikan pembelajaran selama 3 semester. Pada tahun ini, Akademi Keperawatan Alkautsar Temanggung mengiqrar sejumlah 38 mahasiswa terdiri dari 5 mahasiswa putra dan 33 mahasiswa putri.


Sumpah dilaksanakan pada hari Sabtu, 16 September 2023, di Aula Babussalam Temanggung, oleh Direktur Akademi Keperawatan Alkautsar di dampingi Bapak Munsiri SAg, sebagai rohaniwan dari Kemenag Kabupaten Temanggung.


Dalam sambutannya Direktur Akademi Keperawatan Alkautsar Temanggung Ibu Tri Suraning Wulandari, S.Kep., Ns., M.Kep menyampaikan bahwa kegiatan ini wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa yang telah menyelesaikan pembelajaran teori selama 3 semester, dan menyelesaikan beberapa ketentuan lain. Setelah iqrar ini maka mahasiswa akan melanjutkan proses pembelajaran praktik klinik keperawatan di beberapa Rumah Sakit, di kabupaten Temanggung dan sekitarnya. Pesan kepada mahasiswa untuk menjaga nama baik diri sendiri, orangtua dan almamater, serta terus meningkatkan belajar.


Sambutan Ketua Yayasan dalam hal ini diwakili oleh Bapak H. Mahsun, MSI, menyampaikan terimakasih kepada orangtua yang telah meluangkan waktu dan memenuhi undangan untuk ikut menyaksikan kegiatan iqrar mahasiswa. Belaiu juga menyampaikan bahwa dalam AlQuran surat AnNisa ayat 9, memberikan pendidikan kepada anak merupakan hal yang sepatutnya bagi orangtua.


Pada kesempatan ini juga diberikan penghargaan kepada 3 mahasiswa penerima beasiswa KIP Kuliah, dan 3 mahasiswa penerima penghargaan prestasi. (*)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama