TEMANGGUNG, temanggung-news.id - Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan, Pondok Pesantren Al-mu'min Muhamadiyah, Tembarak, Temanggung. (Almatera) menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, baik di dalam maupun luar negeri. 

Terbaru, pondok Almatera mendapat kunjungan dari cikgu dan murid SMK Sungai Abong dan SMK Pekan Baru, Muar Johor Malasyia. Pada Kamis, (28/09/2023). 


Rombongan dari Malaisya berjumlah 20 orang, yaitu Encik Azmi bin Diron, penolong kanan Hal Ihwal Murid SMK Sungai Abong Muar. 

Tuan Haji Hisahm bin Basar, Penolong kanan pentadbiran SMK Pekan Baru Muar

Segenap rombongan cikgu dan murid dari Muar Johor


Selain itu juga hadir Majlis Didasmen dan PNF PWM Jawa Tengah LP2M PWM Jawa Tengah ketua PDM Temanggung

Temanggung ketua PDM Aisiyah Temanggung dan mudirul ma'had Almatera. 


Kunjungan itu merupakan balasan setelah sebelumnya pihak Almatera mengadakan kunjungan ke lembaga tersebut. 


Dalam sambutannya, mudirul ma'had kiai Ma'mun Pitoyo mengatakan, pondok Almatera menjalin MoU silang budaya dan pendidikan. 


" Kami menjalin MoU dengan beberapa lembaga pendidikan di luar negeri, bulan Februari lalu Almatera mengadakan kunjungan ke salah satu SMK di Thailand, untuk melakukan MoU silang budaya dan pendidikan," ungkapnya. 


Lebih lanjut belaiau juga menyampaikan, pondok pesantren Almatera ditetapkan oleh Pimpinan Wilayah Muhamadiyah Jawa Tengah sebagai pondok pengkaderan. 


" Jumlah santri di sini kurang lebih 800 yang berasal dari berbagai daerah, mulai dari Sulawesi, Sumatera dan kalimantan. Beberapa bulan yang lalu juga ada study banding dari Papua, melihat potensi itu, Pimpinan Wilayah Muhamadiyah Jawa Tengah menetapkan Almatera sebagai pesantren pengkaderan," pungkasnya. 


Sementara itu, Encik Azmi bin Diron, penolong kanan Hal Ihwal Murid SMK Sungai Abong Muar. merasa terharu atas sambutan luar biasa dari keluarga besar Almatera. 


" Saya sangat senang, kunjungan kami di sini tuan rumahnya ramah, disambut dengan beberapa tampilan kesenian, " kara Encik Azmi. 


Selanjutnya beliau mengutarakan jika kunjungannya bersama rombongan adalah untuk melanjutkan MoU yang sudah terjalin dengan pihak Almatera. 


" Kunjungan ini untuk membalas kunjungan dari pondok Almatera yang sudah berkunjung lebih dulu ke tempat kami, nanti kita lanjutkan MoU untuk pertukaran pelajar, " katanya.


Ketua LP2m menyampaikan Pimpinan Wilayah Muhamadiyah Jawa Tengah sedang mewacanakan 35 sekolah internet, akan tetapi Almatera sudah menerapkan sejak lima tahun yang lalu.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama