SEMARANG, temanggungnews.id - Dalam rangka pengumpulan data penelitian disertasi, mahasiswa Program Studi S3 Pendidikan Dasar FIPP UNY Hamidulloh Ibda menggelar Focus Group Discussion (FGD) bersama akademisi, pengawas, kepala dan guru SD, serta perwakilan dari Dinas Pendidikan Kota Semarang pada Kamis (7/9/2023). 


Kegiatan FGD itu dilaksanakan di Kantor Lembaga Pendidikan Ma'arif NU PWNU Jawa Tengah.


Sebagai pencari data, Ibda mengatakan bahwa penelitian disertasi yang ia lakukan sudah berjalan sekira lima bulan melalui wawancara mendalam, observasi, studi dokumen. 


Untuk FGD sendiri dilakukan dalam rangka mengumpulkan data kualitatif yang melibatkan sekelompok orang dengan pengalaman atau perspektif yang sama terhadap topik guru SD profesional dalam pembelajaran berbasis digital, untuk berdiskusi dan berbagi pandangan peserta.


Pihaknya sendiri mendapuk guru penggerak, fasilitator guru guru penggerak, pengawas SD, kepala SD berprestasi, guru berprestasi, PNS guru inspiratif, pengelola Platform Merdeka Mengajar (PMM), akademisi, peneliti dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), dan praktisi ICT dari Tanoto Foundation.


Pada kesempatan itu Ibda melakukan penelitian tugas akhir bertajuk "Guru Sekolah Dasar Profesional dalam Pembelajaran berbasis Digital". 


Pihaknya melakukan penelitian dengan metode kualitatif fenomenologi yang mengacu model Edmund Husserl.


Setelah FGD ini, pihaknya berharap semoga ke depan bisa segera ujian kelayakan, ujian tertutup dan ujian kelayakan. (*)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama