TEMANGGUNG, temanggungnews.id - Untuk mengembangkan literasi, serta menunjukkan kompetensi dan jati diri para guru di Kabupaten Temanggung, Forum Pena Guru Literasi (FPGL) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Temanggung Jawa Tengah sukses menggelar workshop digital academy dan pelatihan menulis buku sekaligus pengukuhan pengurus di aula SMP Negeri 1 Temanggung Kamis 24 agustus 2023.


Hal itu disampaikan langsung oleh ketua FPGL PGRI Kabupaten Temanggung Ugi  Utami  kepada wartawan, dia mengatakan FPGL Kabupaten Temanggung adalah forum guru PGRI pengembang literasi yang anggotanya terdiri dari sekolah negeri  dan swasta di kabupaten temanggung. 


“Saya ucapkan terimakasih kepada PGRI Kabupaten Temanggung, pengurus dan anggota FPGL atas terselenggaranya kegiatan pada hari ini, kami sampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan literasi dan membesarkan nama PGRI. Harapannya anggota FPGL PGRI Kabupaten Temanggung dapat menunjukkan kompetensi, jati diri, dalam bidang literasi sehingga bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain,” ungkapnya.


Kepala SMP Negeri  5 Temanggung itu juga menyampaikan beberapa program yang menjadi unggulan FPGL PGRI Kabupaten Temanggung yakni  membuat artikel, buku pendamping kurikulum merdeka untuk jenjang SMP dan SD. 


“Mohon dukungan dari semua pihak dalam waktu dekat ini kami akan membuat buku pendamping kurikulum merdeka untuk jenjang SMP dan SD, target kami yang pertama adalah mata pelajaran TIK untuk SMP dan mata pelajaran matematika untuk SD, selain itu FPGL PGRI Kabupaten Temanggung juga  akan membuat produk dari kegiatan ini berupa artikel,” jelas Ugi.  


Kepada pengurus FPGL PGRI dan anggota, ketua Asosiasi Profesi dan Keahlian Sejenis (APKS) PGRI Kabupaten Temanggung Suroto mengimbau  agar para guru yang tergabung dalam FPGL PGRI terus  meningkatkan kopetensi diri dan menyebarkan ilmunya  ke teman-teman yang lain.


Lebih lanjut Suroto menjelaskan kegiatan Workshop Digital bertujuan untuk membekali para guru di bidang literasi serta mempersiapkan para guru di Kabupaten Temanggung  menjelang Hari Guru Nasional (HGN) mendatang. Dia berharap FPGL bisa memberikan kontribusi untuk Kabupaten Temanggung.


“Saya ucapkan selamat kepada teman-teman pengurus FPGL Kabupaten Temanggung yang telah dilantik, semoga dapat meningkatkan kompetensi  diri dan ilmunya dapat ditularkan kepada temannya. Saya juga berharap FPGL Kabupaten Temanggung bisa berkontribusi di kabupaten Temanggung ini, tidak hanya untuk para guru saja namun juga bisa berimbas kepada peserta didiknya,” kata Suroto. 


Sementara itu, ketua FPGL PGRI Provinsi Jawa Tengah Kuncoro Puji Raharja mengatakan bahwa kegiatan whorkshop digital FPGL Kabupaten Temanggung merupakan implementasi dari program FPGL PGRI Provinsi Jawa Tengah dan APKS PGRI Jawa Tengah.


“Alhamdulillah kabupaten Temanggung telah menjalankan apa yang menjadi program FPGL dan APKS PGRI Jawa Tengah yaitu membentuk pengurus dan penguatan literasi berupa workshop, harapanya setelah ini FPGL PGRI Kabupaten Temanggung bisa membuat program-program yang lebih baik lagi untuk meningkatkan profesionalisme guru di bidang literasi,” tuturnya. 


Senada, Ketua PGRI Kabupaten Temanggung Sarwana juga menyampaikan terimakasih serta apresiasinya kepada pengurus FPGL PGRI Kabupaten Temanggung dan anggotanya. Pihaknya akan terus memberikan dukungan penuh  di setiap kegiatan atau acara yang diselenggarakan oleh  FPGL PGRI Kabupaten Temanggung. Menurutnya FPGL adalah pintu guru untuk berkarya dan berinovasi dalam meningkatkan kompetensi di bidang literasi.


“Guru harus bisa menjadi contoh penerapan pendidikan pancasila , FPGL PGRI Kabupaten Temanggung Karyanya harus banyak. Saya berharap kegiatan ini tidak hanya berhenti sampai di sini saja, jadikan workshop ini sebagai pintu untuk berkarya, dan khususnya kepada pengurus agar segera menyusun program dan segera action agar karyanya bisa segera dinikmati oleh guru-guru yang lain,” tegas Sarwana. 


Acara bertajuk “Workshop Digital Academy Pelatihan Menulis Buku Dan Pelatintikan FPGL PGRI Kabupaten Temanggung” itu dihadiri oleh segenap pengurus beserta anggota FPGL PGRI Kabupaten Temanggung yang terdiri dari pengawas sekolah,  guru sekolah negeri dan swasta yang ada di Kabupaten Temanggung. Hadir pula ketua PGRI Kabupaten Temanggung Sarwana, Ketua FPGL PGRI Provinsi Jawa Tengah Kuncoro Puji Raharja, wakil Ketua PGRI Jawa Tengah Bunyamin, serta Lilik Fatkhu Diniyah, Nunik Pujianti, dan Joni Mulyono yang didapuk sebagai nara sumber pelatihan menulis. (Mtb/Ciki)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama