TEMANGGUNG, temanggung-news.id - Peringatan Hari Santri Nasional tanggal 22 Oktober 2023 terasa berbeda, di mana ribuan santri berkumpul menghatamkan Al Quran juz 30 bersamaan secara bil ghaib. Dimulai dari jam 06.00 para santri dibawah bimbingan JQHNU kabupaten Temanggung mulai melantunkan surat demi surat secara khidmah. 


Mereka berasal dari Madrasah Ibtidaiyah se Kabupaten Temanggung yang sudah mempunyai program takhfidz.


Menurut K. Agus Ahmad Yani Ketua PC JQHNU kabupaten Temanggung bahwa para santri yang hadir mengikuti kegiatan di Pendopo Pengayoman adalah para siswa dan santri yang sudah hafal juz 30. 


Selama kegiatan para santri tidak diperkenankan membuka Al Quran. "Tujuan dari Kegiatan ini untuk memberi motivasi kepada santri dan siswa Madrasah Ibtidiyah dibawah naungan Kementerian Agama untuk dapat mencintai Al Quran dengan menghafalkannya secara baik," ungkapnya. 


Tahun ini ada seribu lima ratus siswa yang mengikuti kegiatan ini. Menurut pengasuh Pondok Pesantren Al Musthofa Tebuireng 16 Temanggung ini pihaknya selama dua tahun terakhir sudah melaksanakan kerjasama dengan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung untuk menyelenggarakan pembinaan tahfidz bagi siswa Madrasah Ibtidaiyah. Sampai pada kegiatan ujian hafalan bil ghaib JQHNU juga berperan sebagai pihak yang melaksanakan ujian.


Sementara itu Penjabat Bupati Temanggung Hary Agung Prabowo mengapresiasi kegiatan ini sebagian bentuk menumbuhkan semangat cinta Al quran untuk membentuk generasi yang salah dan salihah.


Pemerintah Kabupaten menfasiltasi kegiatan khotmil quran ini agar para santri dapat mengikuti dengan nyaman. Hadir juga dalam acara yang berlangsung khidmah kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, pengurus PCNU, Pengurus Daerah muhammadiyah, MUI dan Forkompinda serta para pengawas Madrasah.


 Setelah melaksanakan kegiatan ini para santri melanjutkan mengikuti apel Hari Santri Nasional di Alon alon kota Temanggung bersama ribuan santri lainnya. (*)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama