TEMANGGUNG, temanggung-news.id - Dalam rangka memperingati hari dongeng sekaligus melaksanakan proyek penguatan pancasila, KBIT & TKIT Rifa'iyah Temanggung mengadakan peringatan khusus.


Dalam kegiatan yang bertajuk "Menjadi Generasi Kreatif melalui Dongeng dan Wirausaha" tersebut, para siswa diajak untuk menikmati aksi dongeng sekaligus berwirausaha.


Acara tersebut dibuka dengan dongeng oleh Kak Anggi. Dalam dongengnya ia menceritakan kisah tentang negeri bawah laut.


Pendongeng yang bernama lengkap Puteri Anggita Dewi tersebut membagikan reaksinya terhadap acara dongeng yang telah berlangsung.


"Saya takjub dengan antusias anak-anak. Mereka begitu semangat menyaksikan dongeng dan aktif ketika diajak ice breaking. Para orangtua juga tak kalah semangatnya. Tadi saat saya minta perwakilan ortu bercerita, mereka segera berebut untuk maju ke depan. Saya juga mengapresiasi inisiatif sekolah dalam mengemas acara ini dan membagikan doorprize menarik untuk menambah semangat ibu dan anak", tutur Lulusan INISNU Temanggung tersebut.


Selain mendongeng, Kak Anggi juga membersamai para wali murid untuk mengobrol seputar literasi.


Ulfa, salah satu guru, mengungkapkan pendapatnya tentang acara tersebut. "Respon peserta didik dan wali murid ternyata luar biasa. Mereka sangat antusias dengan dongeng yang dibawakan serta tips dan trik orangtua dalam mengdongeng," ujar Ulfa. 


Hal senada juga diungkapkan Fika, ia berharap acara ini mendapatkan tindak lanjut sehingga bisa meningkatkan literasi anak. 


"Tadi Kak Anggi sudah mengajak perwakilan orang tua untuk bercerita di depan anak-anak. Harapan kami, semoga kegiatan ini juga berlanjut di rumah. Kami ingin para orang tua meluangkan waktunya untuk membacakan buku cerita pada anaknya. Dan kedepannya semoga kami bisa mengadakan acara tindak lanjut terkait hal tersebut sehingga dapat meningkatkan literasi pada anak" pungkas Pendidik PAUD tersebut.


Ketua Panitia Kegiatan, Suci Salmiyatun, mengungkapkan rasa syukurnya atas lancarnya acara. 


"Alhamdulillah acara hari ini berjalan lancar dan sukses. Harapan kami dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran orang tua untuk memiliki waktu berkualitas dengan anak, salah satunya melalui dongeng sebelum tidur. Kami juga berharap dengan diadakannya acara ini, wali murid semakin sadar tentang pendekatan yang tepat untuk mengenalkan keaksaraan pada anak" pungkas Suci.


Pasca mendongeng dan mengobrol literasi, acara berlanjut dengan Market Day. Berbagai hasil karya anak ditampilkan dalam kegiatan ini. Orang tua dipersilakan untuk membeli hasil karya para siswa.


Suci mengungkapkan bahwa selain memiliki tujuan literasi, acara ini juga bermanfaat untuk menumbuhkan jiwa wirausaha pada anak.


"Selain menjunjung literasi, kami juga ingin ada sisi wirausaha dalam diri anak. Oleh karena itu kami adakan market day. Market day ini, selain mengambil sisi wirausaha, juga menjadi sarana untuk mengapresiasi hasil karya anak," tandasnya.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama