TEMANGGUNG, temanggung-news.id - Pada Hari Kamis tanggal 23 November 2023, PGMI INSINU Temanggung berkolaborasi dengan PGMI IIM Surakarta mengadakan kuliah dosen tamu secara virtual melalui zoom meeting pada mata kuliah matematika. Kegiatan dimulai pukul 13.00-15.00 dan diikuti oleh mahasiswa semester 3 PGMI INSINU Temanggung dan mahasiswa semester 5 PGMI IIM Surakarta.

Kegiatan tersebut merupakan salah satu implementasi kerjasama antara PGMI INISNU Temanggug dan PGMI IIM Surakarta sekaligus untuk memberikan wawasan bagi mahasiswa terkait strategi pembelajaran matematika yang inovatif dan menyenangkan. Adapun kegiatan ini mengambil tema “Inovasi Pembelajaran Matematika MI/SD Jaman Now”. Adapun pemateri dalam kegiatan tesebut adalah Ibu Eka Mahargiani Rokhma, M.Pd.I dosen Matematika PGMI INISNU Temanggung, Ibu Praptiningsih, M.Pd.I selaku dosen matematika PGMI IIM Surakarta dan Ibu Mujiyatin, M.Pd. selaku Guru kelas SDN 1 Mangkujayan Ponorogo.

Kegiatan tersebut diawali dengan sambutan dari Ketua Prodi PGMI IIM Surakarta Ibu Lailla Hidayatul Amin, M.Pd., M.Pd.I dilanjutkan sambutan dari Ketua Prodi PGMI INSINU Temanggung Ibu Faizah, S.Pd.I., M.Pd. dan dilanjutkan pemaparan materi.

Dalam pemaparannya, Ibu Eka Mahargiani menjelaskan bahwa banyak anggapan bahwa matematika adalah mata pelajaran yang menakutkan. Sebagai guru kita perlu membuktikan bahwa itu tidaklah benar. Guru perlu mendesain pembelajaran menarik, menggunakan metode yang menarik salah satunya Contextual Teaching and Learning. Menggunakan media yang inovatif dan mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan.

“Banyak sekali media-media pembelajaran yang menyenangkan, bisa menggunakan digital ataupun non ditigal. Desain penyampaian materi juga bisa menggunakan lagu agar siswa mudah memahami materi”. Ujar Ibu Mujiyatin.

Kesimpulannya, matematika merupakan mata pelajaran yang menyenangkan dan asyik. Tergantung bagaimana guru dapat mendesain pembelajaran dengan baik. Sehingga guru dituntut untuk kreatif dan inovatif dala pembelajaran. Kegiatan tersebut berjalan dengan lancar dengan antias mahasiswa yang ditunjukkan dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan. 

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama