pict via unsplash by Prado

Pendidikan merupakan kebutuhan pokok  setiap orang, dengan pendidikann yang baik maka seseorang dapat memberi manfaat bagi dirinya sendiri dan orang lain. 


Tidak ada  negara maju di dunia  yang tidak menekankan sektor pendidikan dalam pembangunan negara dan bangsanya.  Negara-negara maju telah menunjukkan bahwa pendidikan mempunyai kontribusi dan dampak yang sangat besar terhadap peningkatan kualitas negaranya. 


Pendidikan merupakan sumber kemajuan suatu bangsa, karena  pendidikan yang baik dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia di suatu negara. 


Sumber daya manusia merupakan aset terpenting dalam pembangunan bangsa, termasuk Indonesia.  Negara Indonesia yang begitu luas dan mempunyai banyak pulau harus diimbangi dengan pendidikan yang baik bagi setiap warga negaranya dan kekayaan alam yang melimpah, serta harus dikelola secara cerdas oleh masyarakat dan negara. 


Hal inilah yang menjadikan bangsa kita  menjadi bangsa yang besar.   Namun tidak dapat dipungkiri bahwa tidak semua masyarakat  mendapatkan pendidikan yang baik, terutama  anak-anak dan generasi muda yang akan menjadi pemimpin di masa depan. 


Seperti diketahui, tidak hanya masyarakat yang tinggal di pinggiran kota saja yang tidak mengenyam pendidikan, namun di kota-kota besar juga banyak terdapat anak-anak yang tidak mengenyam pendidikan. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak hal,  dan masalah keuangan menjadi faktor terbesarnya.  


Di era globalisasi ini, generasi muda harus dan harus mampu mengembangkan ilmu pengetahuan pendidikan agar tidak ketinggalan dalam perkembangan yang terjadi seiring berjalannya waktu. Memajukan peradaban bangsa agar mampu bertahan lebih kuat lagi terhadap perkembangan yang berlangsung dari waktu ke waktu. Pendidikan harus diprioritaskan.  


Rendahnya pendidikan masyarakat dapat disebabkan oleh kesulitan keuangan, adanya pencurian, pembunuhan dan permasalahan sosial lainnya. Semua itu terjadi karena kurangnya pendidikan, pikiran yang terhambat, mudah terpengaruh, minum-minuman keras, memakai narkoba, mencuri dan masih banyak lagi.  Mari kita hindari permasalahan sosial  akibat rendahnya pendidikan, mari tingkatkan kepedulian kita terhadap pendidikan anak. 


Pendidikan merupakan pilar terpenting untuk membangun masa depan cerah bagi negara. Persiapan generasi mendatang saat ini mencerminkan keberhasilan  masyarakat di masa depan. Peningkatan mutu pendidikan bukan hanya sebuah kebutuhan, namun merupakan investasi terbesar yang dapat dilakukan untuk menjamin kemajuan dan keberlanjutan  negara. 


Generasi  masa depan bangsa adalah tanggung jawab kita semua dan  harus dimulai dari mendidik anak. Berikut adalah beberapa manfaat dari upaya peningkatan kualitas pendidikan :


Memberikan Peluang Terkait Tantangan Masa Depan   

Masa depan ditandai dengan perkembangan teknologi, kompleksitas pasar global dan tantangan baru. Pendidikan berkualitas melatih generasi masa depan dengan keterampilan yang diperlukan seperti  berpikir kritis, keterampilan memecahkan masalah, pengetahuan teknologi dan kemampuan beradaptasi terhadap lingkungan yang terus berubah.


Pengurangan Kesenjangan Sosial dan Ekonomi

Pendidikan berkualitas berperan penting dalam mengurangi kesenjangan sosial dan ekonomi. Akses yang sama terhadap pendidikan yang baik  memberikan kesempatan yang sama bagi semua orang, tanpa memandang latar belakang ekonomi, etnis atau lokasi geografis.


Promosi Menuju Inovasi dan Pengembangan  

Generasi terpelajar berpotensi menjadi penggerak utama  inovasi dan pembangunan. Mereka mempunyai kemampuan untuk menciptakan solusi terhadap permasalahan yang kompleks, mendorong pertumbuhan ekonomi dan menciptakan masyarakat yang lebih berkelanjutan.  


Pembangunan Karakter dan Etika  

Pendidikan tidak hanya sekedar pengetahuan, tetapi juga membentuk karakter dan etika seseorang. Pendidikan yang berkualitas mengajarkan nilai-nilai moral, kepemimpinan, kerjasama tim dan tanggung jawab sosial, sehingga menciptakan manusia yang bertanggung jawab dan berdampak positif bagi masyarakat.  


Menjadi Landasan Perubahan Sosial yang Positif 

Pendidikan  berkualitas mempunyai kekuatan untuk membawa perubahan sosial yang positif. Jika masyarakat mempunyai pendidikan yang baik, mereka akan lebih berpartisipasi dalam proses demokrasi, lebih sadar akan hak dan tanggung jawab mereka, dan lebih mampu mempengaruhi perubahan yang diinginkan dalam masyarakat.


Peningkatan mutu pendidikan merupakan investasi jangka panjang yang sangat penting bagi masa depan generasi bangsa.


Hal ini bukan hanya tentang menciptakan manusia yang cerdas secara akademis, namun juga tentang membangun karakter, menginspirasi inovasi dan mempersiapkan mereka  menghadapi dunia yang kompleks.


Dengan memberikan perhatian lebih pada pendidikan, kita tidak hanya akan membangun individu yang lebih tinggi, namun juga masyarakat yang lebih maju secara global dan kompetitif.


- ditulis oleh Ulfiana Afifah, Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan INISNU Temanggung


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama