TEMANGGUNG, temanggung-news.id - Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Yogyakarta mengadakan kunjungan benchmarking ke Institut Islam Nahdlatul Ulama (INISNU) Temanggung dalam rangka meningkatkan kerjasama dan kualitas pendidikan. Acara ini dilakukan sebagai upaya untuk saling bertukar pengalaman dan praktik terbaik antara kedua lembaga pendidikan yang memiliki visi dan misi serupa dalam mengembangkan pendidikan Islam berkualitas.

Delegasi dari STAI Yogyakarta tiba di INISNU Temanggung pada hari Sabtu (9/12/2023). Kunjungan tersebut bertujuan untuk mempelajari berbagai strategi akademik, manajerial, serta sistem pendukung bagi mahasiswa dan tenaga pendidik yang telah sukses diimplementasikan di INISNU.

Hadir Ketua Dewan Pengurus BPP INISNU Drs. H. Nur Makhsun yang mengatakan bahwa setelah beralih bentuk dari STAINU menjadi INISNU, banyak hal yang dilakukan oleh BPP, seperti peningkatan kuantitas dan kualitas sarana prasarana, peningkatan mutu SDM melalui program doktorisasi dosen, pengembangan jaringan, penataan manajerial dan target 2025 menjadi universitas.

Menurut Rektor INISNU, Dr. Muh. Baehaqi mengatakan bahwa sudah saatnya PTNU di Indonesia bangkit karena sudah tertinggal jauh dari perguruan tinggi lain.

Ketua STAI Yogyakarta Diyah Mintasih, S.Pd.I., M.Pd., mengatakan bahwa kegiatan benchmarking ini menjadi langkah penting dalam mengevaluasi serta memperbaiki proses pembelajaran di STAI Yogyakarta. "Kami berharap dapat mengadopsi beberapa praktik terbaik dari INISNU Temanggung guna meningkatkan mutu pendidikan dan pelayanan kami," ujarnya.

Selama kunjungan, delegasi STAI Yogyakarta berkesempatan untuk melakukan diskusi mendalam dengan pengelola dan staf INISNU Temanggung. Mereka mengamati secara langsung berbagai fasilitas, kurikulum, sistem evaluasi, serta program pengembangan kepribadian dan keilmuan yang telah terbukti berhasil di INISNU.

Hadir juga Rois Syuriah PCNU Temanggung KH. Yacub Mubarok dan seluruh dekan, kaprodi dan ketua lembaga di lingkungan INISNU. Keluarga besar INISNU Temanggung menyambut hangat kedatangan delegasi STAI Yogyakarta. "Kami senang bisa berbagi pengalaman dan saling belajar dari satu sama lain. Semoga kerjasama ini akan membawa manfaat yang besar bagi kedua institusi dalam menghadirkan pendidikan yang berkualitas bagi generasi masa depan," kata Rektor INISNU.

Dalam paparannya, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan INISNU Hamidulloh Ibda menyampaikan tentang profil, paradigma keilmuan integrasi-kolaborasi, collaboration of science, takatuful ulum yang dikembangkan INISNU dan Catur Dharma Perguruan Tinggi. Masing-masing wakil rektor dalam kesempatan itu berbagi pengalaman dalam mengelola perguruan tinggi.

Setelah sesi pemaparan, kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan MoU antara STAI Yogyakarta dan INISNU Temanggung dilanjutkan studi tour di komplek kampus INISNU.

Kunjungan benchmarking ini diharapkan dapat membuka jalan bagi kolaborasi lebih lanjut antara STAI Yogyakarta dan INISNU Temanggung dalam berbagai program, penelitian, dan pertukaran pengalaman akademis. Kerjasama semacam ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi pengembangan pendidikan Islam di Indonesia. (*)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama