Oleh: Ratna Nurcahyani


Asal-usul Etnis Rohingya


Rohingya merupakan kelompok muslim yang tinggal di negara Myanmar Barat yang berdekatan dengan Bangladesh kata Rohingya berasal dari Rohai yang artinya penduduk muslim Rohang daerah yang sebelumnya dinamai Arakan. Mereka adalah imigran dari negara Burma pada tahun 1948 menurut sejarawan. Setelah kemerdekaan negara tersebut berganti nama menjadi Myanmar dan mengilegalkan keberadaan dan mengklaim sejarah dari etnis Rohingya.


Awal Mula Aceh Kedatangan Etnis Rohingya


Pada tanggal 16 November 2023 Kota Bireuen Aceh kedatangan pengungsi dari etnis Rohingya yang berjumlah 248 pengungsi. Mengetahui kedatangan mereka warga lokal ramai-ramai menolaknya, karena mereka dari awal para pengungsi etnis Rohingya memiliki image yang tidak baik di tempat-tempat sebelumnya yang mereka datangi. Para pengungsi Rohingya dikenal sering melanggar aturan, tidak menjaga kebersihan, dan suka membuat onar tidak hanya di lingkungan pengungsian, namun membuat onar juga di wilayah sekitar.


Lalu Bagaimana Keadaan Para Pengungsi Rohingya Saat Ini?


Hingga saat ini Aceh sudah didatangi enam gelombang pengusian Rohingya yang di mana tiga kapal berlabuh di Pidie, satu di Kabupaten Bireuen, dan dua di Kota Sabang dan tercatat hingga 1734 pengungsi. Pada hari Sabtu (23/12/2023), ratusan pengungsi diusir dari Kota Pidie Aceh oleh warga setempat dan kini para pengungsi dikabarkan berada di kawasan hutan belantara yang berbatasan langsung dengan Kota Aceh Besar. Selama ini lokasi yang ditinggali oleh para pengungsi nyaris tak berpenghuni Para pengungsi tinggal di hutan tersebut tanpa beratap dan beralaskan langsung dengan tanah dan banyak pengungsi termasuk anak-anak yang kelaparan hingga badannya terlihat lemas.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama